Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Evaluasi dan Perbaikan Proses Fabrikasi denga Pendekatan Lean Six Sigma (studi kasus PT. PAL Indonesia Divisi Kapal Niaga pada Pembangunan Kapal 50.000 DWT)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Evaluasi dan Perbaikan Proses Fabrikasi denga Pendekatan Lean Six Sigma (studi kasus PT. PAL Indonesia Divisi Kapal Niaga pada Pembangunan Kapal 50.000 DWT)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Nurul Hidayati
Subject(s) Manufacturing System
Six Sigma
Classification 658.562
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Persaingan global memacu perusahaan galangan kapal dunia untuk menekan biaya produksi dan meningkatkan produktivitasnya. PT.PAL INDONESIA merupakan perusahaan galangan kapal nasional harus mampu menghasilkan inovasi-inovasi agar bisa tetap bertahan. Peningkatan kualitas yang berkelanjutan serta perkembangan strategi bisnis menuju pada time based strategy yang mengupayakan pengurangan waktu harus menjadi senjata andalan bagi PT.PAL INDONESIA untuk mampu saing bertaraf internasional. Penelitian ini berkaitan dengan evaluasi dan perbaikan pada proses fabrikasi untuk pembuatan blok double bottom. Pendekatan yang digunakan adalah Lean Six Sigma dengan cara mengidentifikasikan dan mengurangi waste (non value added activity) serta melakukan perhitungan sigma untuk mengetahui kapabilitas proses yang berpengaruh terhadap kualitas.Penelitian ini menggunakan siklus Define-Measure-Analyze-Improve. Pada tahap Define digambarkan whole stream aktivitas perusahaan untuk mengidentifikasi waste dengan Big Picture Mapping, selanjutnya tahap Measure dilakukan pemetaan secara detail dengan menggunakan Value Stream Mapping Tool (VALSAT) sesuai dengan waste yang ditemukan dan perhitungan kapabilitas terhadap proses pemotongan dengan mesin skator sebesar 4,84 sigma. Pada tahap Analyze dilakukan analisa terhadap akar penyebab waste, kemudian tahap Improve dibuat rancangan perbaikan terhadap penyebab-penyebab waste antara lain penghapusan M 01, pembuatan standarisasi proses cutting dan bending, pengurangan sudut bevel 600 menjadi 400, serta pengurangan stopper. Rancangan perbaikan yang dibuat ternyata dapat meminimasi waste dan pada akhirnya mampu mengurangi lead time proses fabrikasi. Kata kunci: Big Picture Mapping, Lean Manufacturing ,Six Sigma, Value Stream Mapping Tool
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Mokh Suef. MSc.(Eng)
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous