Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Aplikasi Desain Eksperimen Shainin/Bhote untuk Mengatasi Permasalahan Afkir pada Produksi AMDK Gelas 250 mL (studi kasus di pT Erindo Mandiri, Pasuruan)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Aplikasi Desain Eksperimen Shainin/Bhote untuk Mengatasi Permasalahan Afkir pada Produksi AMDK Gelas 250 mL (studi kasus di pT Erindo Mandiri, Pasuruan)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Dewi Kurniasari
Subject(s) Design of Experiment
Classification 001.42
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info PT Erindo Mandiri merupakan salah satu perusahaan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang sedang berkembang. Untuk terus meningkatkan kualitas dan dapat memenuhi permintaan konsumen maka perlu dilakukan perbaikan secara kontinyu. Salah satunya adalah dengan mengurangi jumlah afkir yang terjadi di lantai produksi. Permasalahan paling mencolok adalah lid yang kurang melekat di bibir gelas. Penelitian ini berusaha untuk mengatasi permasalahan tersebut menggunakan Desain Eksperimen Shainin/Bhote. Metode ini bermanfaat untuk menentukan faktor apa saja yang terbukti signifikan menyebabkan permasalahan. Penyaringan berbagai dugaan faktor penyebab permasalahan dilakukan oleh Clue-Generating Tools (Multi-vari study dan Product/Process Search). Desain Eksperimen Formal merupakan tahapan eksperimen untuk menentukan kombinasi terbaik dari faktor-faktor yang sudah tersaring. Dan alat kendali sebagai pencegahan munculnya kembali permasalahan tersebut digunakan Positrol (Positive Control) dan Process Certification. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa afkir lid kurang melekat pada hari tertentu (Jum’at-Sabtu) disebabkan oleh adanya akumulasi plastik yang menempel pada heater. Sehingga, eksperimen temperatur dilakukan dan diperoleh temperatur yang tepat, yaitu 230 derajat Celcius pada awal minggu dan 233 derajat Celcius pada akhir minggu. Kata kunci : peningkatan kualitas, afkir lid, Desain Eksperimen, Shainin/Bhote, kontrol
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Hari Supriyanto, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous