RECORD DETAIL
Back To Previous
Back To Previous
Title | Pengukuran dan Evaluasi Kedisiplinan Dosen di Bidang Pengajaran (studi kasus Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya) |
Edition | |
Call Number | |
ISBN/ISSN | |
Author(s) | Cahyani Wulandari |
Subject(s) | Human Resource Teaching |
Classification | 658.3 |
Series Title | GMD | Tugas Akhir |
Language | Indonesia |
Publisher | Jurusan Teknik Industri FTI-ITS |
Publishing Year | 2005 |
Publishing Place | Surabaya |
Collation | |
Abstract/Notes | |
Specific Detail Info | Era globalisasi saat ini menuntut bidang pendidikan untuk menciptakan sumber daya manusia yang kreatif, memiliki jiwa sosial serta kepemimpinan, khususnya perguruan tinggi sebagai salah satu tiang pendidikan agar terus menerus mempertahankan bahkan meningkatkan kinerjanya. Sementara itu, dalam ITS sebagai salah satu lembaga perguruan tinggi di Indonesia telah terbangun sebuah sistem budaya kerja yang tidak disiplin, tidak kreatif dan malas. Berangkat dari hal itu, permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah mengetahui tingkat kedisiplinan dosen di bidang pengajaran pada strata S1 di lingkungan Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITS. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei berupa angket yang disebarkan kepada mahasiswa FTI ITS, sedangkan variabel yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari buku peraturan akademik ITS. Dari variabel akan didapatkan indeks kepuasan dan kepentingan, sehingga didapatkan jurusan yang dapat dikatakan disiplin dan tidak disiplin dalam hal pengajaran. Hasil penelitian mengatakan bahwa jurusan yang disiplin adalah Teknik Elektro dan Teknik Fisika, sedangkan jurusan yang dikatakan belum disiplin antara lain Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Industri dan Teknik Material. Sehingga dapat dikatakan dosen FTI ITS belum disiplin dalam hal pengajaran. Dari penelitian ini diharapkan masing jurusan di FTI ITS dapat mengetahui tingkat kedisiplinan dosen-nya dan dapat mengetahui variabel apa saja yang perlu diperbaiki agar dapat dihasilkan peningkatan kinerja untuk periode selanjutnya, khususnya di bidang pengajaran. Kata Kunci : Disiplin, Pengajaran, Indeks Kepuasan dan Kepentingan Mahasiswa |
Image | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Pembimbing | Ir. Lantip Trisunarno, MT |
Volume | 1 |
Availability | LOADING LIST... |
Back To Previous |