Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Model Pemilihan Supplier dengan Mempertimbangkan Karakteristik Spare Parts (Studi kasus PT. Merpati Nusantara Airline)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Model Pemilihan Supplier dengan Mempertimbangkan Karakteristik Spare Parts (Studi kasus PT. Merpati Nusantara Airline)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Haryo Budi Utomo P
Subject(s) Purchasing Management
Classification 658.72
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Manajemen pembelian merupakan salah satu hal penting di dalam operasi bisnis sebuah perusahaan, baik untuk pembelian bahan baku langsung maupun tidak langsung. Di PT. Merpati Nusantara Airline khususnya bagian Merpati Maintenance Facilities (MMF) dimana penelitian ini dilakukan, memiliki aktivitas utamanya adalah perawatan pesawat terbang. Untuk mendukung aktivitas perawatan tersebut, MMF membeli material dan spare parts baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Material dan spare parts tersebut tergolong kategori MRO (maintenance, repair and operation support) dimana memiliki karakteristik yang beragam. Dengan beragamnya karakteristik tersebut, setiap pembelian material maupun spare parts tidak hanya mempertimbangkan faktor harga dan tingkat konsumsi saja. Selain itu, supplier untuk item MRO bukan merupakan supplier tunggal, sehingga transaksi pembelian material dan spare parts sering dilakukan. Penelitian ini berupaya untuk membantu di dalam memilih supplier yang sesuai dengan karakteristik material dan spare parts yang dibeli. Model dibuat dengan mengelompokkan material dan spare parts yang memiliki karakterisitk yang sama dengan menggunakan cluster analysis. Dengan pengelompokkan tersebut maka akan lebih mudah di dalam memilih supplier. Untuk mengimplementasikan model pemilihan supplier tersebut digunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Model yang telah disusun digunakan dalam membantu manajemen pembelian terutama untuk memilih supplier secara tepat berdasarkan karakteristik material dan spare parts. Keuntungan lainnya yang didapat dari model tersebut adalah PT. Merpati Nusantara Airline dapat mengevaluasi supplier yang selama ini telah bekerja sama. Kata kunci : Karakteristik material dan spare parts, Pemilihan supplier, Cluster Analysis, Analitycal Hierarchy Process (AHP)
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Ir. I.Nyoman Pujawan, M.Eng.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous