Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penentuan dan Pengukuran Indikator Kinerja Proses Pembuatan Botol Kemasan Gelas di PT. IGLAS (Persero)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penentuan dan Pengukuran Indikator Kinerja Proses Pembuatan Botol Kemasan Gelas di PT. IGLAS (Persero)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Hendra Purwanto
Subject(s) Performance Measurement
Classification 658.151 1
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info PT. IGLAS (Persero) adalah perusahaan manufaktur yang memproduksi botol kemasan gelas. Agar dapat memenuhi tuntutan bisnis yang semakin kompetitif, PT. IGLAS harus dapat memberikan performansi terbaiknya dengan melakukan perbaikan secara terus–menerus pada tiap aspeknya. Perbaikan dilakukan dengan terlebih dahulu mengukur sistem yang ada, menganalisa, dan kemudian memutuskan apakah sistem tersebut perlu diperbaiki atau tidak. Pengukuran yang digunakan harus menggunakan sistem pengukuran dan manajemen yang diambil dari visi, misi dan strategi perusahaan itu sendiri. Penelitian didahului dengan menerjemahkan visi, misi dan strategi perusahaan ke dalam seperangkat ukuran yang menyeluruh yang memberi kerangka kerja bagi pengukuran dan sistem manajemen strategis. Pada perancangan sistem pengukuran kinerja di PT. IGLAS berhasil diidentifikasikan total 4 objectives dan 26 key performance indicators; objective peningkatan efisiensi proses manufaktur (2 KPI), objective peningkatan kemampuan proses (5 KPI), objective peningkatan efektifitas proses manufaktur (15 KPI), dan objective peningkatan kemampuan sumber daya manusia (4 KPI). Evaluasi sistem pengukuran kinerja PT. IGLAS dilakukan dengan menggunakan data historis perusahaan dengan metode Objectives Matrix dan Traffic Light System. Dari kedua metode tersebut, diketahui masih terdapat 8 KPI dengan indikator warna merah yang berarti masih memerlukan perbaikan. Dari kedelapan KPI tersebut, berdasarkan hubungan keterkaiatannya, didapat 4 KPI yang butuh perbaikan yaitu terkait pada tingkat konsistensi laporan pada Furnace dan Forming, serta yang terkait dengan kemampuan proses pada Furnace. Total performansi PT. IGLAS adalah 2,65 dari total skor 10. Kata kunci : Performance measurement, Analytic Network Process, Objective Matrix, Traffic Light System, Key Performance Indicators.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Hari Supriyanto, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous