Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penerapan Life Cycle Analysis (LCA) dan Life Cycle Design (LCD) untuk Analisa Dampak Lingkungan Aktivitas Rumah Sakit (Studi kasus PT. Rumah Sakit Pelabuhan Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penerapan Life Cycle Analysis (LCA) dan Life Cycle Design (LCD) untuk Analisa Dampak Lingkungan Aktivitas Rumah Sakit (Studi kasus PT. Rumah Sakit Pelabuhan Surabaya)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Maya Novi Puspitasari
Subject(s) Life Cycle Analysis
Life Cycle Design
SUSTAINABLE DEVELOPMENT
Classification 658.566
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Pesatnya perkembangan dunia industri mendorong kian maraknya kegiatan eksploitasi terhadap lingkungan. Tidak hanya dunia industri manufaktur tetapi juga industri jasa. Tidak sedikit aktivitas jasa yang dapat memberikan kontribusi dampak terhadap lingkungan sekitar. Salah satunya adalah jasa pelayanan rumah sakit. Dalam penelitian ini akan dilakukan suatu kajian lingkungan terhadap siklus hidup suatu proses pelayanan kesehatan dengan menggunakan konsep Life Cycle Analysis (LCA). Konsep LCA memungkinkan dilakukannya perkiraan dampak lingkungan yang diakibatkan oleh suatu produk, proses atau aktivitas dengan melakukan identifikasi dan kuantifikasi energi dan material yang digunakan dan limbah yang dilepaskan ke lingkungan selama siklus hidup produk, proses atau aktivitas. Proses yang diamati serta dibandingkan dalam penelitian ini adalah proses pelayanan kesehatan bagi pasien penyakit Thypoid dengan pengobatan injeksi dan tablet. Pengumpulan data dilakukan untuk data – data yang berhubungan dengan perawatan yang dibutuhkan oleh pasien Thypoid. Impact assessment dilakukan dengan menggunakan bantuan software SimaPro yang bertujuan untuk mengetahui besar kontribusi proses pelayanan terhadap lingkungan. Dari hasil assessment dapat dilakukan perumusan alternatif perbaikan proses dan sistem untuk meningkatkan performansi kegiatan terhadap lingkungan, yaitu melalui Life Cycle Design (LCD). Penelitian ini menghasilkan suatu kesimpulan bahwa proses pelayanan yang sesuai dengan prosedur tetap dapat memberikan kontribusi dampak terhadap lingkungan dan memerlukan suatu tindakan perbaikan. Penelitian ini juga memberikan suatu wacana bahwa perlu dilakukan kontrol atas kegiatan pelayanan kesehatan dalam rangka mencapai konsep green dan environmental friendly. Kata kunci : Life Cycle Assessment (LCA), Life Cycle Design (LCD), jasa rumah sakit, Analytical Hierarchy Process (AHP)
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Ir. Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous