Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Evaluasi Bullwhip Effect dan Penentuan Metode Peramalan Dalam Supply Chain (Studi kasus PT. Sari Husada dan Divisi Logistik PT. Tiga Raksa Satria site Yogyakarta)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Evaluasi Bullwhip Effect dan Penentuan Metode Peramalan Dalam Supply Chain (Studi kasus PT. Sari Husada dan Divisi Logistik PT. Tiga Raksa Satria site Yogyakarta)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Hendy Nugroho
Subject(s) FORECASTING
SUPPLY CHAIN
Classification 658.7
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Dalam mengelola supply chain sangat diperlukan adanya pemahaman yang baik terhadap perilaku permintaan. Permintaan dalam supply chain seringkali terjadi amplifikasi permintaan dan hal ini memicu terjadinya fenomena bullwhip effect. Munculnya bullwhip effect dapat berakibat sulitnya memahami karakteristik atau pola data. Keadaan tersebut dapat berimbas pada peramalan yang dilakukan, sehingga peramalan tersebut tidak sesuai dengan karakteristik atau pola data. Pada penelitian tugas akhir ini, dilakukan beberapa evaluasi dan pengukuran metode peramalan. Pengolahan bullwhip maupun peramalan dilakukan untuk masing-masing SKU. Kedua pengolahan tersebut dilakukan untuk masing-masing echelon yaitu manufacturer (Pabrik) dan distributor. Hasil pengolahan pada masing-masing echelon akan dibandingkan untuk melihat perbedaan yang ada. Hasil pengolahan menunjukan bahwa bullwhip terjadi pada tingkatan SKU dan aggregasi product family. Jika dilihat secara keseluruhan pada aggregasi echelon tidak nampak terjadinya bullwhip effect. Hasil peramalan menunjukkan bahwa pada satu echelon metode peramalan yang digunakan bisa berbeda untuk masing-masing stock keeping unit (SKU). Hasil perbandingan antara dua echelon menunjukkan bias yang cukup besar terjadi pada produk yang mengalami bullwhip effect dalam rantai pasok baik pada echelon manufacturer maupun distributor. Kata Kunci. Rantai pasok, Bullwhip effect, Peramalan, Pola data, SKU, Peramalan kolaborasi
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Ir. I.Nyoman Pujawan, M.Eng.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous