Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perencanaan Produksi dengan Pendekatan Hibrid Simulasi-Analitis untuk Meminimasi Total Biaya Produksi (Studi kasus: PT. Bambang Djaja)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perencanaan Produksi dengan Pendekatan Hibrid Simulasi-Analitis untuk Meminimasi Total Biaya Produksi (Studi kasus: PT. Bambang Djaja)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Hendra Setiyo Dewi
Subject(s) LINEAR PROGRAMMING
PRODUCTION PLANNING
Simulation
Classification 658.503 8
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info PT. BAMBANG DJAJA merupakan salah satu perusahaan transformator di Indonesia. Sebagai perusahaan elektrik yang multi produk dibutuhkan perencanaan produksi yang baik sehubungan dengan demand yang selalu berfluktuasi. Permasalahan perencanaan produksi pada sistem produksi Multi Produk Multi Periode (MPMP) adalah bagaimana menentukan level produksi yang disesuaikan dengan demand yang selalu berfluktuasi untuk beberapa periode ke depan dan adanya kendala kapasitas produksi yang dimiliki oleh perusahaan. Penyelesaian permasalahan produksi seperti ini dapat diselesaikan dengan dua pendekatan yaitu dengan metode analitis dan model simulasi. Model analitis akan menghasilkan variabel keputusan berupa level produksi yang optimum namun terkadang tidak mudah untuk dijalankan pada kondisi riil karena adanya asumsi bahwa sistem deterministik, namun tidak demikian kondisi sebenarnya dimana demand dan lead time bersifat stokastik. Penggunaan model simulasi dapat menyelesaikan kekurangan model tersebut, dimana model simulasi dapat mengakomodasi permasalahan stokastik seperti antrian dan waktu transportasi dengan meniru proses produksi nyata meskipun tidak memberikan solusi optimal, sehingga kelayakan level produksi dapat diatasi. Dengan menggunakan pendekatan hibrid simulasi-analitis untuk permasalahan MPMP pada sistem manufaktur menunjukkan bahwa kombinasi model analitis dan model simulasi akan memberikan hasil yang lebih baik daripada hanya menggunakan salah satu metode dari kedua metode tersebut. Penggunaan metode analitis dan simulasi secara terintegrasi akan menghasilkan suatu rencana produksi yang tidak hanya optimal secara matematis tetapi juga feasible/layak untuk diimplementasikan di lantai produksi dan dengan total biaya produksi yang minimum. Kata kunci : Perencanaan produksi, Pendekatan hibrid, Program linier, Simulasi
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Ir. Suparno, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous