Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Aplikasi Six Sigma dalam Memperbaiki Kualitas Produk Keramik dengan Desain Eksperimen Taguchi (Studi kasus di PT. Platinum Ceramics Industry)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Aplikasi Six Sigma dalam Memperbaiki Kualitas Produk Keramik dengan Desain Eksperimen Taguchi (Studi kasus di PT. Platinum Ceramics Industry)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Adhania Azharia
Subject(s) QUALITY CONTROL
Six Sigma
Classification 658.562
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Kualitas merupakan suatu hal yang sangat penting agar suatu produk atau jasa dapat tetap eksis dalam persaingan yang ada. PT. Platinum Ceramics Industry adalah perusahaan yang bergerak dalam produksi keramik. Terdapat tiga tipe kualitas keramik yang dihasilkan yaitu kualitas 1 (KW A), kualitas 2 (KW B), dan kualitas 3 (KW C). Penelitian ini lebih difokuskan pada keramik ukuran 40x40 cm yang diproduksi oleh PK 7. Cacat yang memiliki prosentase terbesar adalah cacat kesikuan. Permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana memperbaiki kualitas proses keramik dan mengurangi produk cacat sehingga dapat meningkatkan performansi perusahaan. Pendekatan proses yang dipakai dalam metode Six Sigma ini adalah DMAIC. Dalam tahap define dilakukan mendefinisikan permasalahan, pada tahap measure dilakukan mengukur proses untuk menentukan kinerja saat ini, pada tahap analyze dilakukan analisa dan menentukan akar permasalahan dari semua cacat yang terjadi, pada tahap improve dilakukan desain eksperimen Taguchi dan pada tahap control dilakukan untuk mengetahui apakah perbaikan yang telah dilakukan berhasil mengurangi jumlah cacat kesikuan. Hasil dari penelitian ini diperoleh suatu kombinasi optimum yaitu temperatur firing 11750C, waktu firing 7 menit, tekanan 300 bar dan floating grid 55% sehingga dapat mengurangi variabilitas cacat kesikuan. Kata Kunci : Six Sigma, DMAIC, CTQ, MetodeTaguchi
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Hari Supriyanto, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous