Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengukuran dan Minimasi Dampak Bullwhip Effect pada Jaringan Rantai Supply Perusahaan (Studi kasus di PT. Lotus Indah Textile Industries)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengukuran dan Minimasi Dampak Bullwhip Effect pada Jaringan Rantai Supply Perusahaan (Studi kasus di PT. Lotus Indah Textile Industries)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Nanda Prihandana
Subject(s) SUPPLY CHAIN MANAGEMENT
Classification 658.7
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info PT. LOTUS adalah perusahaan yang bergerak dibidang tekstil dengan produk benang, kain, dan karpet. Salah satu permasalahan yang paling sering terjadi adalah tidak teraturnya pola permintaan pada produk benang, sehingga akan dilakukan pengukuran indeks bullwhip effect pada produk benang dengan tiga jenis benang utama yang dihasilkan. Sebelum dilakukan pengukuran, akan dirancang suatu model yang menggambarkan whole stream perusahaan dengan menggunakan alat yang disebut dengan IDEF0 (Integration Definition for Function Modeling). IDEF0 akan menggambarkan integrasi antar sistem dan menjelaskan lead time informasi yang terjadi. Pengukuran koefisien variansi permintaan akan dilakukan pada empat level agregasi data untuk memperoleh tingkat variabilitas permintaan pada masing – masing level. Pemilihan waktu agregasi didasarkan pada periode mingguan selama enam bulan periode penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terjadinya amplifikasi permintaan (bullwhip effect) pada masing – masing tingkat agregasi yang memiliki indeks berbeda – beda pada setiap levelnya. Koefisien variansi permintaan terbesar ada pada produk single dengan indeks 3.25 pada kemasan lot 10. Sedangkan pada agregasi tingkat echelon, nilai indeks terbesarnya ada pada echelon distributor 2 dengan nilai 1.98 Kata kunci : bullwhip effect, inventory, distorsi informasi, amplifikasi permintaan, whole stream, IDEF0
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Ir. I. Nyoman Pujawan, M.Eng)
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous