Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penelitian Risiko da Pemilihan Alternatif Solusi Pengendalian Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan Pendekatan Benefit and Cost Analysis (studi kasus PT. Abadi Adimulia, Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penelitian Risiko da Pemilihan Alternatif Solusi Pengendalian Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan Pendekatan Benefit and Cost Analysis (studi kasus PT. Abadi Adimulia, Surabaya)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Elmitha Fertiani Wiharti
Subject(s) Occupational Safety and Health
Risk Management
Classification 628
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Risiko memperlihatkan seberapa besar kebutuhan untuk menghindari kerugian (loss) serta konsekuensi yang tidak diinginkan dari suatu peristiwa. Hal ini dipandang baik dari segi kemungkinan (probability) dan seberapa potensial kerugian itu. Pihak manajemen PT Abadi Adimulia, berusaha meminimalisasi risiko yang terjadi dengan mengadakan restrukturisasi secara menyeluruh pada sistem manajemen K3 perusahaan. Dalam penelitian ini dilakukan analisis penyebab kecelakaan kerja yang terjadi tahun 2005. Kemudian dilakukan identifikasi bahaya dan penilaian risiko dengan pendekatan risk assessment and management di Plant II area produksi botol indomilk 200ml yang menggunakan mesin blow moulding. Hasil dari penelitian ini adalah level risiko dari identifikasi bahaya yang dilakukan, yaitu terdapat 1 risiko yang mempunyai level risiko tergolong low risk, 16 risiko moderate risk, dan 8 risiko high risk. Pengendalian risiko yang dilakukan untuk risiko yang tergolong high risk antara lain: risiko 1 dengan standarisasi manual stacking dan penambahan tenaga kerja, risiko 2 dengan penggunaan desain tangga ergonomis dan penggunaan safety harness, risiko 3 dengan penerapan “educational poster and safety signs” dan penggunaan alat pelindung diri, risiko 4 dengan penggunaan safety shoes dan pengecekan hoist crane. Hasil pemilihan solusi alternatif berdasarkan Benefit and Cost Analysis adalah risiko 1 terpilih alternatif 1, risiko 2 terpilih alternatif 2, risiko 3 terpilih alternatif 1, dan risiko 4 terpilih alternatif 2. Kata kunci: Risiko, Risk Assessment, Benefit and Cost Analysis
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Eko Nurmianto, M.Eng.Sc.;Naning Aranti W, ST,MM
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous