Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan dan Pengukuran Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan Perangkingan Hazards dengan Pendekatan Risk Assessment di PT. Lotus Indah Textile Industries (studi kasus Departemen Spinning)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan dan Pengukuran Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan Perangkingan Hazards dengan Pendekatan Risk Assessment di PT. Lotus Indah Textile Industries (studi kasus Departemen Spinning)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Aris Dwi Andrianto
Subject(s) Occupational Safety and Health
Classification 628
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Implementasi program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) memerlukan evaluasi yang terprogram dan berlanjut. Hasil dari evaluasi atau audit internal tersebut dipergunakan untuk memberikan gambaran tentang pelaksanaan program K3 dan rekomendasi yang diperlukan untuk pelaksanaan program K3 selanjutnya. Evaluasi atau audit internal program K3 di PT. Lotus indah textile industries selama ini hanya mendasarkan keberhasilan program K3 pada jumlah kecelakaan kerja yang terjadi. Demikian halnya dengan checklist yang biasa digunakan untuk mengevaluasi program K3 belum dibuat sehingga kurang dapat menunjukkan secara obyektif pelaksanaan program K3. Pada penelitian ini akan dirancang checklist evaluasi program K3 yang digunakan untuk mengetahui tingkat implementasi program K3 serta data kecelakaan kerja, kerugian material, dan dampak lingkungan yang digunakan untuk mengetahui loss rate yang terjadi. Dengan memetakan dua parameter tingkat implementasi dan loss rate tersebut dapat diperoleh level implementasi program K3. Pada penelitian ini juga akan dilakukan identifikasi dan perangkingan hazards dengan pendekatan Risk Assessment Hasil penelitian ini adalah nilai pencapaian tingkat implementasi program K3 di Departemen Spinning sebesar 80.56% yang diperoleh dari checklist evaluasi K3. Nilai ini mengindikasikan bahwa tingkat implementasi program K3 adalah kuning. Sementara itu, pencapaian tingkat kerugian (loss rate) program K3 juga berada pada level kuning. Dari kedua parameter utama tersebut, dapat diperoleh level program K3 di Departemen Spinning adalah level 3 (hati-hati). Sepuluh sumber bahaya telah berhasil diidentifikasi dalam penelitian ini, terdapat 6 bahaya yang mendapat rangking 2, 2 bahaya mendapat rangking 3, dan 2 bahaya mendapat rangking 4. Dalam penelitian ini juga diberikan rekomendasi penanganan hazards diantaranya : pemakaian APD secara rutin, pengawasan secara intensif, dan program pelatihan. Kata kunci : checklist, level implementasi, hazards, risk assessment
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Sritomo Wignjosoebroto, MSc.;Arief Rahman, ST
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous