Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisa Faktor Risiko manual Material Handling dan Penilaian Kelayakan Alternatif Perbaikan dengan Metode Benefit Cost Ratio (studi kasus di PT. Abadi Adimulia)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisa Faktor Risiko manual Material Handling dan Penilaian Kelayakan Alternatif Perbaikan dengan Metode Benefit Cost Ratio (studi kasus di PT. Abadi Adimulia)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Ayu Hilda Amalia
Subject(s) Manual Material Handling
Classification 658.871
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2005
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa faktor penyebab terjadinya risiko cedera tulang belakang ruas L5/S1 pada aktivitas Manual Material Handling (MMH) di gudang raw material (GRM) dan gudang finished goods (GFG). Tujuan penelitian ini yaitu untuk menentukan faktor penyebab terjadinya resiko bahaya yang terjadi pada aktivitas MMH, menentukan sistem kerja yang optimal untuk aktivitas MMH, serta menganalisa kelayakan usulan alternatif perbaikan sistem kerja pada aktivitas MMH dengan pendekatan B/C. Metodologi penelitian dilakukan dengan pengamatan sistem kerja MMH, penyebaran job discomfort survey untuk mengetahui letak dan besarnya keluhan yang dialami pekerja pada tubuh. Sedangkan untuk perhitungan kuantitatif digunakan rumus RWL, LI dan persamaan Chaffin. Hasil analisa dan pengolahan data menunjukkan bahwa faktor yang berpengaruh terhadap besarnya RWl dan LI adalah variabel V (jarak vertikal antara posisi awal beban dengan posisi beban pada saat akan diangkat), D (jarak perpindahan/jarak angkat antara tempat asal dan tujuan), dan L (berat beban yang diangkat). Alternatif perbaikan yang diusulkan yaitu : (1) penambahan scissor lift trolleys dengan nilai B/C 0,93 di GRM dan 5,91 di GFG, (2) penambahan jumlah pekerja di GRM dengan nilai B/C sebesar 0,10, dan (3) Perubahan metode angkat dengan nilai B/C = 1. Hal ini berarti bahwa hanya alternatif 1 di GFG dan alternatif 3 yang layak secara ekonomis untuk digunakan. Kata kunci : MMH, RWL, biomekanika Chaffin, benefit cost ratio (B/C)
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Eko Nurmianto, M.Eng.Sc.;Naning Aranti W, ST,MM
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous