Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Aplikasi Metode Column Generation dalam Penyelesaian Penugasan Kru Maskapai Penerbangan (studi kasus PT. Merpati Nusantara Airlines)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Aplikasi Metode Column Generation dalam Penyelesaian Penugasan Kru Maskapai Penerbangan (studi kasus PT. Merpati Nusantara Airlines)
Edition
Call Number 2006/16
ISBN/ISSN
Author(s) Zya Labiba
Subject(s) Column Generation
Scheduling
Classification 658.542
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2006
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Penugasan kru maskapai penerbangan merupakan salah satu bagian penting dari operasional maskapai penerbangan dan persoalan menarik dari apliaksi riset operasi. Penugasan kru merupakan tahapan pembuatan pasangan kru yang ditugaskan pada masing-masing kru. Berbagai macam peraturan akan mempengaruhi penyusunan penugasan kru yang memerlukan perhitungan yang kompleks. Penelitian ini menggunakan metode column generation untuk penyelesaian masalah penugasan kru yang didasarkan model set partitioning. Dasar pemilihan penggunaan metode ini dikarenakan kemampuannya sebagai teknik pendekatan untuk penyelesaian problem integer berskala besar di mana kolom matrik A tidak secara eksplisit dihitung secara keseluruhan namun di generasi ketika diperlukan, tipe ini disebut dengan pendekatan lintasan terpendek. Tujuan yang ingin dicapai adalah menyusun suatu model penugasan kru Merpati Nusantara Airline (MNA) yang memberikan solusi optimal dan membandingkan outputnya dengan output penjadwalan MOSI. Hasil perbandingannya adalah model dengan metode column generation lebih optimal ditinjau dari pendistribusian jumlah hari terbang setiap kru di bandingkan dengan penjadwalan MOSI. Kata kunci : penugasan kru, column generation, lintasan terpendek
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Eng.Ir. Ahmad Rusdiansyah, M.Eng.;Dr.Ir. Budi Santosa, M.Sc.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous