Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Evaluasi dan Usulan Perbaikan Sistem Pemenuhan Order (studi kasus : Produk BC-747 Ottoman PT. Tulus Tri Tunggal Gresik)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Evaluasi dan Usulan Perbaikan Sistem Pemenuhan Order (studi kasus : Produk BC-747 Ottoman PT. Tulus Tri Tunggal Gresik)
Edition
Call Number 2006/20
ISBN/ISSN
Author(s) Agnes Silgan
Subject(s) SUPPLY CHAIN MANAGEMENT
Classification 658.7
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2006
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Peningkatan pelayanan kepada customer merupakan langkah penting yang harus dilakukan oleh perusahanan dalam menghadapi persaingan di era globalisasi. Untuk menjadi kompetitif perusahaan harus meningkatkan kesanggupan pelayanan kepada customer yaitu dengan peningkatan kualitas produk dengan harga yang kompetitif dan proses pemenuhan order customer yang cepat. Untuk dapat memenuhi permintaan tepat waktu dan memenuhi kepuasan customer, harus dilakukan perbaikan proses aliran fisik dan informasi dalam internal supply chain. PT. Tulus Tri Tunggal adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang rattan furniture (mebel rotan) dengan orientasi 100% ekspor. Fluktuasi permintaan yang sangat bervariasi, ketersediaan bahan baku yang tidak pasti, order buyer yang mendadak dan prioritas ditengah rencana produksi menuntut adanya rencana produksi yang fleksibel untuk mengakomodir antara ketersediaan bahan dengan pemenuhan order ke buyer yang tepat. Disisi lain keterlambatan pemenuhan order karena masalah produksi disebabkan oleh adanya proses-proses yang tidak efisien dan adanya bottleneck pada lantai produksi. Penelitian ini dimaksudkan untuk menentukan posisi bottleneck dalam bisnis proses perusahaan yang sering mengakibatkan keterlambatan pemenuhan order dan melakukan proses perbaikan (improvement) pada posisi bottleneck untuk mengurangi keterlambatan pemenuhan order. Mengaplikasikan model simulasi yang akan membantu perusahaan dalam mengevaluasi proses improvement sebelum diimplementasikan dalam sistem yang nyata tanpa mengganggu sistem yang sebenarnya Hasil simulasi untuk besarnya waktu total (flow time) adalah 140,87 menit sebelum perbaikan dan 16,58 menit setelah perbaikan sedangkan jumlah output per hari sebelum perbaikan adalah 43 pcs dan 91 pcs setelah perbaikan. Hal ini diakibatkan oleh adanya penurunan waktu tunggu pada proses yang mengalami bottleneck selama 120,90 menit. Kata Kunci : Supply Chain Management, Bottleneck, Improvement, Simulasi
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Ir. I. Nyoman Pujawan, MEng.;Nani Kurniati, ST,MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous