Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisa Pelayanan dan Peningkatan Kinerja Operasional Kereta Api Komputer (studi kasus Kereta Api Komputer Jurusan Surabaya - Sidoarjo )
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisa Pelayanan dan Peningkatan Kinerja Operasional Kereta Api Komputer (studi kasus Kereta Api Komputer Jurusan Surabaya - Sidoarjo )
Edition
Call Number 2006/21
ISBN/ISSN
Author(s) Dian Prasetyawati
Subject(s) Performance Improvement
QUALITY
Classification 658.562
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2006
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk terutama yang berdomisili di daerah sub urban serta semakin kompleksnya permasalahan transportasi yang menyebabkan tingginya tingkat kemacetan di jalan raya dan angka kecelakaan lalu lintas, maka dibutuhkan suatu sistem transportasi massal yang efisien misalnya transportasi massal berbasis rel yang saat ini sedang dikembangkan di beberapa kota besar di Indonesia. Dari pengembangan ini diharapkan masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik dan pihak perusahaan selaku penyedia jasa transportasi juga dituntut untuk selalu berusaha meningkatkan kinerja dan pelayanannya. Pengukuran kinerja secara terintegrasi merupakan hal yang penting bagi perusahaan karena pengukuran kinerja secara tradisional dengan menggunakan akuntansi keuangan biasa sudah tidak relevan lagi dengan kondisi sekarang. Salah satu sistem pengukuran kinerja terintegrasi yang dapat membantu perusahaan dalam melakukan perbaikan kinerja adalah Performance Prism yang mengukur kinerja perusahaan dari perspektif stakeholder. Perancangan sistem pengukuran kinerja dengan model ini dilakukan dengan mengidentifikasi kepuasan dan kontribusi stakeholder, strategi, proses, dan kapabilitas perusahaan ke dalam ukuran-ukuran kinerja yaitu Key Performance Indicator ( KPI ). Dari sini dilakukan pembobotan dengan metode Analytical Hierarchi Process ( AHP ) kemudian dilanjutkan dengan scoring dan traffic light system untuk masing-masing KPI sehingga perusahaan dapat mengetahui dan menentukan dengan tepat prioritas perbaikan yang harus dilakukan. Salah satu sistem perbaikan yang dilakukan adalah perancangan Service Blueprint. Dari hasil pengukuran kinerja terdapat 7 KPI berwarna hijau, 9 kuning dan 10 merah. Sedangkan dari hasil pembobotan diketahui bahwa stakeholder dengan pengaruh paling besar adalah konsumen dan KPI yang memiliki pengaruh besar juga dari stakeholder konsumen tetapi secara keseluruhan kinerja perusahaan masih pada level yang kurang baik. Keywords : Pengukuran Kinerja, Performance Prism, Stakeholder, Key Performance Indicator, Service Blueprint
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Hari Supriyanto, MSIE.;Ir. Mokh Suef, MSc.(Eng)
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous