Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Evaluasi Pemilihan Supplier dan Buyer Bagi Petani Budidaya Udang Windu Sistem Tradisional (Organic) (studi kasus : Budidaya Udang Windu Sistem Tradisional (organic) di Kelurahan Keputih Sukolilo Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Evaluasi Pemilihan Supplier dan Buyer Bagi Petani Budidaya Udang Windu Sistem Tradisional (Organic) (studi kasus : Budidaya Udang Windu Sistem Tradisional (organic) di Kelurahan Keputih Sukolilo Surabaya)
Edition
Call Number 2006/22
ISBN/ISSN
Author(s) Hakam Muzakki
Subject(s) OPERATION RESEARCH
Classification 005
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2006
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Udang merupakan komoditi ekspor yang mempunyai kontribusi besar terhadap devisa negara. Pada tahun 2003 nilai ekspor udang propinsi Jawa Timur senilai USD 328,126,524.08 dan pada tahun 2004 meningkat menjadi USD 374,039,422.99 dari total ekspor udang ini yang mempunyai harga jual tertinggi udang windu. Melihat besarnya nilai ekspor hasil budidaya udang windu tidak dibarengi dengan peningkatan pendapatan para pembudidaya (petani) hal ini dikarenakan jaringan supply (supply chain) pada bisnis udang ini yang tidak baik terutama partnership antara supplier dan buyer bagi petani yang selalu membebankan kerugian kepada petani. Untuk memperbaiki system supply chain pada budidaya udang windu ini maka dilakukan evaluasi pemilihan supplier dan buyer bagi petani agar terjadi hubungan kerjasama pada supply chain yang baik, sehingga petani mendapatkan keuntungan dan tidak selalu dirugikan. Untuk menyelesaikan permasalahan diatas digunakan metode Linear integer programming (LIP) untuk mengevaluasi system supply chain saat ini dan melakukan pemilihan supplier yang memberikan keuntungan yang optimal. Pemilihan buyer bagi hasil produksi udang windu menggunakan metode Analitycal Hirarcy Proses (AHP) supaya diperoleh buyer yang sesuai dengan criteria harapan petani (grower) sehingga para petani tidak dirugikan dan dapat memperoleh keuntungan sesuai dengan apa yang seharusnya diterima. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa system supply chain saat ini tidak mengutamakan kerjasama jangka panjang dimana posisi petani selalu dirugikan dengan supplier yang terpilih dengan menggunakan metode Linear Integer Programming (Zero One Integer Progamming) bahwa supplier yang terpilih yaitu Hatchery dari Kabupaten Situbondo akan memberikan keuntungan yang paling optimal dan dari hasil pengolahan data dengan metode AHP diperoleh bahwa UD BAROKAH memberikan keuntungan yang paling optimal dengan criteria penimbangan yang paling baik. Kata kunci : Supply Chain, Linear Integer Programming, Analityc Hierarchy Process
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Dr.Ir. Suparno, MSIE.;Ir. Hari Supriyanto, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous