Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Proses Produksi Kapur Aktif untuk Meningkatkan Mutu Produk yang Ramah Lingkungan dengan Metode Taguchi Multi Respon (studi kasus : Sentra Industri Kapur Aktif, Kec. Manyar Kab. Gresik Jatim)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Proses Produksi Kapur Aktif untuk Meningkatkan Mutu Produk yang Ramah Lingkungan dengan Metode Taguchi Multi Respon (studi kasus : Sentra Industri Kapur Aktif, Kec. Manyar Kab. Gresik Jatim)
Edition
Call Number 2006/24
ISBN/ISSN
Author(s) Nachnul Ansori
Subject(s) Design of Experiment
Taguchi Method
TOPSIS
Classification 001.42
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2006
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Usaha Kecil Menengah (UKM) Kapur Aktif di Sentra Industri Desa Pongangan dan Desa Suci adalah salah satu UKM yang bergerak dibidang pembuatan kapur aktif (CaO). Pergeseran paradigma bisnis mulai merambah ke produk yang lebih akrab terhadap lingkungan, sehingga diharapkan produk lebih mempunyai kualitas yang lebih tinggi namun disisi lain mempunyai dampak terhadap lingkungan yang seminimal mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kadar atau konsentrasi kalsium oksida (CaO) dan parameter CO2 sebagai hasil emisi yang dikeluarkan. Karakteristik faktor yang digunakan dalam mengkondisikan pembuatan produk sangat berperan dalam menentukan respon CaO dan CO2. Identifikasi variabel respon kualitas didasarkan pada persyaratam mutu Standard Nasional Indonesia (SNI) tentang produk kapur, sedangkan identifikasi variabel respon lingkungan berdasarkan skoring aspek dan dampak lingkungan (BAPEDAL) selama tahapan proses bisnisnya. Dari identifikasi faktor terkontrol diperoleh faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kedua respon adalah jenis bahan baku, jenis bahan pembakar, dan ukuran partikel batu kapur. Eksperimen dilakukan dengan dua level faktor yang berbeda. Metode yang digunakan untuk mendesain setting parameter optimal untuk kedua respon yaitu Taguchi Multi Respon dengan menerapkan prosedur TOPSIS untuk kriteria evaluasi yang konfliktual. Bobot tingkat kepentingan relatif kriteria menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP). Dari hasil analisa dipilih kombinasi level faktor optimum serempak dengan prediksi rata-rata kadar CaO 71.52% dan rata-rata parameter CO2 1866.25 ppm dengan estimasi saving sebesar Rp. 665.000 per sekali pembakaran. Kata kunc: Desain Eksperimen, Metode Taguchi, TOPSIS, Produksi CaO.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Ir. Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc.;Ir. Mokh Suef, MSc.(Eng)
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous