Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengaruh Kreativitas dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik dan Kecerdasan Enterpreneurial dengan Menggunakan Metode Structural EquationModelling (Studi Kasus Mahasiswa S-1 Regular Angkatan 2002 ITS)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengaruh Kreativitas dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik dan Kecerdasan Enterpreneurial dengan Menggunakan Metode Structural EquationModelling (Studi Kasus Mahasiswa S-1 Regular Angkatan 2002 ITS)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Ulfa Fitriyani
Subject(s) ENTREPRENEUR
Industrial Statistic
Classification 338.040 92 
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2006
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Kreativitas adalah kemampuan yang mencerminkan kelancaran, keluwesan (fleksibel) dan orisinalitas dalam berfikir serta kemampuan untuk mengelaborasi, mengembangkan, memperkaya, merinci suatu gagasan. Sedangkan motivasi belajar adalah hasrat seseorang untuk melakukan tingkah laku belajar. Dari dua unsur diatas yaitu kreativitas dan motivasi belajar, peneliti ingin mengetahui sejauh mana berpengaruh terhadap mahasiswa sebagai objek penelitian. Selain itu peneliti ingin mengetahui tingkat keinginan dan potensi mahasiswa untuk menjadi entrepreneur. Penelitian ini menggunakan metode permodelan persamaan struktural untuk mengetahui variabel manakah yang membangun konstruk pada model penelitian yang telah dibuat, selain itu metode ini dapat menunjukkan seberapa besar hubungan antar variabel yang ada dan jalur manakah yang paling signifikan diantara variabel tersebut. Sehingga diperoleh hasil analisis bahwa kreativitas berpengaruh langsung pada kecerdasan entrepreneurial sebesar 0.27. Motivasi belajar berpengaruh langsung terhadap prestasi akademik dengan nilai 0.09, kreativitas mempengaruhi prestasi akademik sebesar 0.01, prestasi akademik mempengaruhi kecerdasan entrepreneurial sebesar 0.07. Berdasarkan data yang diperoleh, diketahui bahwa mayoritas mahasiswa S-1 Reguler angkatan 2002 ITS mempunyai keinginan untuk mencari modal dan membuka usaha sendiri, namun bekal dan kemampuan yang mereka miliki untuk membuka usaha masih dinilai sangat kurang. Untuk kreativitas, mahasiswa jurusan Desain Produksi dan Teknik Industri memiliki kreativitas yang tinggi dan untuk jenis motivasi belajar, pada umumnya mahasiswa termasuk dalam developing others. Kata kunci :Kreativitas, Motivasi Belajar, Prestasi Akademik, Kecerdasan Enterpreneurial (Ent-Q), Permodelan Persamaan Struktural.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Budisantoso Wiryodirjo, M.Eng.;Ir. Bustanul Arifin Nur, M.Sc.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous