Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penentuan Jumlah Teamwork (Tenaga Kerja) pada Proses Perawatan Pesawat Terbang dengan Menggunakan Metode Simulasi (Studi Kasus di Merpati Maintenance Facility Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penentuan Jumlah Teamwork (Tenaga Kerja) pada Proses Perawatan Pesawat Terbang dengan Menggunakan Metode Simulasi (Studi Kasus di Merpati Maintenance Facility Surabaya)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Erwin Fibryantono
Subject(s) Simulation
Classification 003
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2006
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info MMF adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa perawatan pesawat terbang. Dalam dunia penerbangan, MMF telah mendapat kepercayaan dari banyak maskapai di Indonesia. Hal ini terbukti dengan banyaknya order perawatan pesawat terbang. Selama ini MMF berusaha untuk mengoptimalkan peluang yang ada. Untuk melayani order perawatan rutin, saat ini MMF memiliki hangar dengan kapasitas 8 pesawat dan 4 teamwork dengan resource/tenaga kerja masing-masing teamwork adalah 18 tenaga kerja. Permasalahan yang muncul saat ini, MMF tidak mengetahui secara pasti kapasitas perawatan yang dimiliknya. Hingga saat ini kapasitas perawatan yang dimiliki tidak mampu meraih peluang pasar yang ada. Hal ini terlihat dari banyaknya order perawatan yang ditolak karena kapasitas perusahaan telah penuh. Untuk mengetahui kapasitas yang optimal agar dapat menurunkan tingkat order yang ditolak, digunakan pendekatan metode simulasi. Metode ini digunakan untuk mensimulasikan proses perawatan pesawat terbang sesuai dengan real system sehingga didapatkan kapasitas perawatan yang dimiliki saat ini dengan pasti. Selanjutnya dilakukan experiment untuk membuat scenario perbaikan dengan tujuan mendapatkan jumlah teamwork yang optimal. Dari eksperimen yang dilakukan, didapatkan 2 skenario perbaikan. Scenario pertama berupa penambahan 2 teamwork yang menghasilkan penurunan jumlah order yang ditolak sebesar 59,90%. Skenario kedua berupa penambahan 3 teamwork yang menghasilkan penurunan jumlah order yang ditolak sebesar 71,49% Kata kunci : Model simulasi, perawatan pesawat terbang, optimalisasi kapasitas.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Ir. Suparno M.S.I.E., Ph.D
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous