Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Menentukan Jumlah Karyawan yang Optimal pada Cabang Dinas Pendapatan Daerah Wilayah Surabaya Barat Berdasarkan Analisa Beban Kerja (Work Load Analysis)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Menentukan Jumlah Karyawan yang Optimal pada Cabang Dinas Pendapatan Daerah Wilayah Surabaya Barat Berdasarkan Analisa Beban Kerja (Work Load Analysis)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Ferdinand Agung Fandoyo
Subject(s) MSDM
Workload
Classification 658.151 1
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2006
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Dinas Pendapatan Daerah Cabang Surabaya Barat adalah salah satu instansi milik pemerintah yang dipergunakan untuk meningkatkan pelayanan kepada wajib pajak, wajib retribusi, dan peningkatan pendapatan asli daerah secara efisien dan efektifitas pelaksanaan pemungutan pajak daerah, retribusi daerah, pendapatan daerah lainnya, serta PBB. Sumber Daya Manusia merupakan kunci sukses bagi tumbuh kembangnya instansi pemerintah ini, sehingga pemerintah atau khususnya pihak manajemen harus memperhatikan aspek pembinaan pegawai. Salah satu permasalahan utama pada Dinas Pendapatan Daerah Cabang Surabaya Barat adalah efisiensi sumber daya manusia dalam tiap departemen. Pihak manajemen memandang bahwa alokasi sumber daya manusia pada departemen pendataan dan penetaapan kurang efisien akibat diterapkannya konsep penyempitan pegawai negeri. Pada penelitian ini, data berupa kuisioner yang berisi aktivitas kerja seorang pegawai beserta waktu penyelesaiannya akan diklasifikasikan sesuai dengan deskripsi pekerjaan posisinya. Dengan demikian didapatkan waktu penyelesaian suatu deskripsi pekerjaan, dan semua waktu penyelesaian semua deskripsi pekerjaan dari tiap pegawai. Sehingga didapat total waktu produktif dari posisi tersebut. Dari waktu tersebut yang telah ditambahkan dengan waktu longgar posisi, akan didapat beban kerja posisi, setelah membaginya dengan total waktu yang tersedia. Dari beban kerja yang telah didapat, akan diketahui jumlah orang optimal dalam suatu posisi. Hasil dari penelitian ini jumlah pegawai awal adalah 20 orang dan setelah penelitian,jumlah pegawai yang seharusnya dialokasikan adalah 23 orang. Kata kunci : Efisiensi, Beban kerja, pegawai, posisi, aktivitas, waktu penyelesaian aktivitas.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Nurhadi Siswanto, ST., MSIE;Dyah Santhi Dewi, ST. M.Eng.Sc
Volume 2
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous