Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Kebijakan Produksi Multi Produk dengan Menggunakan Pendekatan Sistem Dinamik (Studi Kasus : PT. Coca Cola Bottling Indonesia Plant Pandaan)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Kebijakan Produksi Multi Produk dengan Menggunakan Pendekatan Sistem Dinamik (Studi Kasus : PT. Coca Cola Bottling Indonesia Plant Pandaan)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Niniet Indah Arvitrida
Subject(s) System Dynamic Concept
Classification 658.403 2
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2006
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Perusahaan yang termasuk dalam tipe make to stock membutuhkan sistem perencanaan produksi yang matang terkait dengan banyaknya jenis produk yang dihasilkan serta adanya kondisi pasar yang fluktuatif. Perencanaan produksi yang kurang tepat menyebabkan beberapa jenis produk memiliki level inventory yang berlebih, sedangkan untuk produk lainnya mengalami stockout. Hal tersebut berpengaruh terhadap efisiensi yang berkaitan dengan besarnya lost sales dan holding cost yang terjadi. Untuk meningkatkan efisiensi tersebut, diperlukan suatu kebijakan perencanaan produksi multi produk dengan tetap memenuhi customer service level. Dalam penelitian ini dibuat sebuah model simulasi menggunakan pendekatan sistem dinamik dengan software Vensim, untuk menganalisa dan menentukan kebijakan perencanaan produksi. Eksperimen dilakukan dengan merubah satuan perencanaan produksi untuk produk slow moving dalam beberapa skenario. Dari hasil simulasi, diperoleh dua kebijakan yang berbeda untuk kondisi low season dan peak season. Kebijakan tersebut memberikan peningkatan efisiensi dibandingkan sistem sebelumnya dan menghasilkan stock availability yang lebih tinggi. Kata Kunci : Make To Stock, Sistem Dinamik, Level Inventory, Simulasi, Satuan Perencanaan Produksi, Vensim.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Eng. Ir. Ahmad Rusdiansyah, M.Eng;Stefanus Eko Wiranto, ST., MT
Volume 8
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous