Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisa Faktor Penyebab dan Penanganan Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Tol (Studi Kasus di Jalan Tol Surabaya-Gempol)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisa Faktor Penyebab dan Penanganan Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Tol (Studi Kasus di Jalan Tol Surabaya-Gempol)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Mochammad Purwanto
Subject(s) SERVICE MANAGEMENT
Traffic Accident
Classification 658.562
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2006
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Jalan tol Surabaya – Gempol merupakan salah satu jalan alternatif menuju dalam dan luar kota Surabaya. Tingkat kecelakaan yang terjadi di jalan tol Surabaya – Gempol ini masih cukup tinggi. Hal ini dapat dilihat dari tingkat kecelakaan yang melebihi batas ketentuan yang ditetapkan oleh PT. Jasa Marga (Persero) selaku pengelola jalan tol Surabaya – Gempol. Kondisi ini yang melatarbelakangi perlunya dilakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik kecelakaan yang terjadi dan faktor – faktor penyebab kecelakaan lalu lintas di jalan tol Surabaya - Gempol. Selain itu pihak PT. Jasa Marga (Persero) juga ingin mengetahui kinerja dari sistem penanganan kecelakaan lalu lintas yang dimiliki. Pengukuran tersebut penting karena menjadi dasar untuk melakukan perbaikan terhadap sistem. Untuk dapat melakukan perbaikan maka perlu dilakukan pengukuran kinerja terhadap sistem tersebut. Metode yang digunakan untuk mengetahui karakteristik kecelakaan dan faktor penyebabnya adalah diagram Pareto dan Cause Effect Diagram. Sedangkan untuk pengukuran kinerja pada sistem penanganan kecelakaan menggunakan metode Performance PRISM. Berdasarkan diagram tersebut diatas diperoleh bahwa faktor penyebab kecelakaan yang terbesar adalah pengemudi. Sedangkan untuk pengukuran kinerja sistem penanganan kecelakaan diperoleh 30 Key Performance Indicator (KPI). Evaluasi sistem tersebut dilakukan dengan metode Objective Matrix dan Traffic Light System. Dari kedua metode tersebut diperoleh 9 KPI berwarna merah yang memerlukan fokus perbaikan. Secara keseluruhan nilai untuk sistem penanganan kecelakaan lalu lintas adalah 4,5989. Salah satu upaya untuk memperbaiki sistem tersebut adalah dengan membuat service blueprint dari sistem penanganan kecelakaan lalu lintas di jalan tol. Kata Kunci : Kecelakaan lalu lintas, Jalan tol, Pareto Diagram, Cause Effect Diagram, Performance PRISM, Objective Matrix, Traffic Light System, Service Bluprint..
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Hari Supriyanto, MSIE
Volume 10
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous