RECORD DETAIL
Back To Previous
Back To Previous
Title | Analisa Faktor Penyebab dan Penanganan Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Tol (Studi Kasus di Jalan Tol Surabaya-Gempol) |
Edition | |
Call Number | |
ISBN/ISSN | |
Author(s) | Mochammad Purwanto |
Subject(s) | SERVICE MANAGEMENT Traffic Accident |
Classification | 658.562 |
Series Title | GMD | Tugas Akhir |
Language | Indonesia |
Publisher | Jurusan Teknik Industri FTI-ITS |
Publishing Year | 2006 |
Publishing Place | Surabaya |
Collation | |
Abstract/Notes | |
Specific Detail Info | Jalan tol Surabaya – Gempol merupakan salah satu jalan alternatif menuju dalam dan luar kota Surabaya. Tingkat kecelakaan yang terjadi di jalan tol Surabaya – Gempol ini masih cukup tinggi. Hal ini dapat dilihat dari tingkat kecelakaan yang melebihi batas ketentuan yang ditetapkan oleh PT. Jasa Marga (Persero) selaku pengelola jalan tol Surabaya – Gempol. Kondisi ini yang melatarbelakangi perlunya dilakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik kecelakaan yang terjadi dan faktor – faktor penyebab kecelakaan lalu lintas di jalan tol Surabaya - Gempol. Selain itu pihak PT. Jasa Marga (Persero) juga ingin mengetahui kinerja dari sistem penanganan kecelakaan lalu lintas yang dimiliki. Pengukuran tersebut penting karena menjadi dasar untuk melakukan perbaikan terhadap sistem. Untuk dapat melakukan perbaikan maka perlu dilakukan pengukuran kinerja terhadap sistem tersebut. Metode yang digunakan untuk mengetahui karakteristik kecelakaan dan faktor penyebabnya adalah diagram Pareto dan Cause Effect Diagram. Sedangkan untuk pengukuran kinerja pada sistem penanganan kecelakaan menggunakan metode Performance PRISM. Berdasarkan diagram tersebut diatas diperoleh bahwa faktor penyebab kecelakaan yang terbesar adalah pengemudi. Sedangkan untuk pengukuran kinerja sistem penanganan kecelakaan diperoleh 30 Key Performance Indicator (KPI). Evaluasi sistem tersebut dilakukan dengan metode Objective Matrix dan Traffic Light System. Dari kedua metode tersebut diperoleh 9 KPI berwarna merah yang memerlukan fokus perbaikan. Secara keseluruhan nilai untuk sistem penanganan kecelakaan lalu lintas adalah 4,5989. Salah satu upaya untuk memperbaiki sistem tersebut adalah dengan membuat service blueprint dari sistem penanganan kecelakaan lalu lintas di jalan tol. Kata Kunci : Kecelakaan lalu lintas, Jalan tol, Pareto Diagram, Cause Effect Diagram, Performance PRISM, Objective Matrix, Traffic Light System, Service Bluprint.. |
Image | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Pembimbing | Ir. Hari Supriyanto, MSIE |
Volume | 10 |
Availability | LOADING LIST... |
Back To Previous |