Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Minimasi Waste (Pemborosan) Menggunakan Value Stream Mapping Tools untuk Meningkatkan Efisiensi (Studi Kasus PT. Rexplast Plant 1 Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Minimasi Waste (Pemborosan) Menggunakan Value Stream Mapping Tools untuk Meningkatkan Efisiensi (Studi Kasus PT. Rexplast Plant 1 Surabaya)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Arditya Koesnindar
Subject(s) Value Stream Mapping
Waste
Classification 658.7
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2006
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Sebagai dampak krisis ekonomi yang berkepanjangan dan persaingan usaha yang semakin meningkat tajam membuat banyak industri di tanah air harus mampu meningkatkan performansi dan kualitas pelayanan terhadap konsumen. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan efisiensi dan melakukan perbaikan kualitas secara kontinyu. Pada penelitian tugas akhir yang dilakukan di PT. Rexplast Plant 1 khususnya pada departemen blow moulding, peneliti mencoba melakukan efisiensi dengan mereduksi aktivitas non-value added atau waste (pemborosan) yang terjadi di departemen blow moulding. Oleh karena itu diperlukan suatu metode untuk mengidentifikasi waste secara menyeluruh (wholestream). Proses identifikasi waste dibagi dalam beberapa tahap. Yang pertama adalah menggambarkan karakteristik sistem secara menyeluruh (wholestream) dengan menggunakan Big Picture Mapping. Selanjutnya adalah mengaplikasikan Value Stream Mapping untuk mengidentifikasikan waste yang terjadi dengan menggunakan tool yang terpilih. Proses pemilihan tool ini menggunakan metode Value Stream Analysis Tool untuk mendapatkan tool mana yang tepat dalam proses mapping. Tools yang terpilih antara lain adalah Process Activity Mapping, Supply Chain Response Matrix, dan Quality Filter Mapping. Setelah melakukan proses identifikasi dan evaluasi waste yang terjadi, selanjutnya adalah menentukan root cause dari waste yang terjadi. Untuk meminimasi waste tersebut diberikan rekomendasi perbaikan, seperti rekomendasi perbaikan untuk menentukan batas maksimal afval yang dapat dicampur dengan material murni yang diharapkan dapat meminimasi jumlah defect yang terjadi. Kata kunci : Waste, Big Picture Mapping, Value Stream Analysis Tool, Value Stream Mapping
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Hari Supriyanto, MSIE
Volume 11
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous