Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penerapan Dependency Structure Matrix (DSM) pada Proses Desain Engine Room Produk Kapal Chemical Tanker di PT. PAL Indonesia (Persero)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penerapan Dependency Structure Matrix (DSM) pada Proses Desain Engine Room Produk Kapal Chemical Tanker di PT. PAL Indonesia (Persero)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Andi Priyanto
Subject(s) Concurrent Engineering
Classification 621.380 685
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2006
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Sekarang ini perusahaan berusaha memperpendek time-to-market dari produknya. Concurrent engineering adalah konsep/filosofi yang diadopsi oleh banyak perusahaan yang dipercaya dapat memperpendek time-to-market dari produknya. PT. PAL Indonesia (Persero) sebagai salah satu perusahaan yang sudah mengimplementasikan concurrent engineering masih menghadapi masalah termasuk tingginya “design change ratio” dan urutan aktivitas yang belum memperhatikan ketergantungan informasi yang dibutuhkan. DSM (Dependency/Design Structure Matrix) adalah suatu tool yang digunakan dalam pengurutan dan pengelompokan aktivitas dengan melihat ketergantungan informasi. Dengan menerapkan DSM pada aktivitas desain engine room kapal chemical tanker M241-242, urutan aktivitas berubah dan waktu pelaksanaan menurun 2.8%. Estimasi biaya desain yang dikeluarkan dengan menggunakan DSM berkurang 0.1% dari 153431.61 dollar menjadi 153288.97 dollar. Kata kunci : time-to-market, concurrent engineering, urutan aktivitas, DSM
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dyah Santhi Dewi, ST. M.Eng.Sc
Volume 16
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous