Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis Plant Reliability pada Unit Pembuatan Urea dengan Pendekatan Simulasi (studi kasus : di PT. Petrokimia Gresik )
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis Plant Reliability pada Unit Pembuatan Urea dengan Pendekatan Simulasi (studi kasus : di PT. Petrokimia Gresik )
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Rahandi Nur Tegar Budiman
Subject(s) Reliability
Simulation
Classification 003
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2006
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Industri pupuk merupakan industri yang cukup penting di Indonesia, yang merupakan salah satu negara agraris di dunia. PT Petrokimia Gresik sebagai salah satu pabrik pupuk urea nasional diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pupuk urea nasional. Untuk itulah diperlukan mesin-mesin produksi yang memiliki keandalan/reliability yang cukup tinggi agar dapat selalu memenuhi kebutuhan pupuk urea tersebut. Keandalan/reliability pabrik sangatlah penting terutama untuk menentukan rencana target produksi di masa yang akan datang. Ketika salah memperkirakan keandalan pabrik maka akan berakibat pada kesalahan dalam menentukan rencana target produksi.Pada penelitian ini dilakukan perhitungan plant reliability. Hanya saja perhitungan reliability tidak dilakukan dengan pendekatan model matematis seperti yang umum dilakukan melainkan dengan pendekatan simulasi. Data downtime mesin dan lama waktu perbaikan menjadi inputan model simulasi. Dalam pengolahan data digunakan software input analyzer milik Arena 5.0 dan simulasi dilakukan dengan software Arena 5.0. Output dari running model pada arena akan menghasilkan waktu antar kerusakan pabrik yang kemudian diolah untuk mendapatkan plant reliability. Pada tahap ini digunakan software bantu Weibull ++4. Dari hasil penelitian didapatkan plant reliability pabrik urea PT Petrokimia Gresik sebesar 0.655 dengan reliability unit sintesa sebesar 0.734, unit purifikasi sebesar 0.878, unit konsentrasi sebesar 0.983 dan unit prilling sebesar 0.933.Dengan mengetahui tingkat reliability diharapkan mampu memberikan masukan dalam penentuan target rencana produksi. Kata kunci: reliability, downtime, simulasi, Arena 5.0.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Nurhadi Siswanto, ST, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous