Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Evaluasi dan perbaikan Proses Produksi Kertas NCR dengan Pendekatan Lean Six Sigma (studi kasus : PT. Pura Barutama Unit Konverta)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Evaluasi dan perbaikan Proses Produksi Kertas NCR dengan Pendekatan Lean Six Sigma (studi kasus : PT. Pura Barutama Unit Konverta)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Ika Aulia Hastuti
Subject(s) Manufacture
Six Sigma
Classification 658.575 2
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2006
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info PT Pura Barutama Unit Konverta adalah perusahaan yang bergerak di bidang coating dan converting. Produk andalan perusahaan ini adalah kertas Non Carbon Required (NCR) dengan jumlah produksi 70% dari total produksi. Sesuai dengan visi perusahaan dan untuk mengatasi membengkaknya biaya produksi pasca kenaikan harga solar maka diperlukan efisiensi proses produksi tanpa mengabaikan kualitas produk yang dihasilkan. Pendekatan yang dapat digunakan untuk efisiensi tersebut di atas adalah lean six sigma. Penelitian ini akan membuat peta dari aliran fisik dan informasi perusahaan. Dari pengolahan diperoleh bahwa waste yang sering terjadi adalah defect dengan bobot 8.875, inappropriate processing dengan bobot 5.25, dan unnecessary inventory dengan bobot 4.875. Tool VALSAT yang tepat untuk mengatasi waste tersebut adalah Process Activity Mapping, Supply Chain Response Matrix, dan Quality Filter Mapping. Selain itu juga dilakukan pernghitungan kapabilitas nilai sigma proses produksi yaitu 4.17 sigma. Dari cause-effect penyebab kegagalan proses coating yang paling berpengaruh terhadap kapabilitas sigma maka dapat ditentukan perbaikan untuk meningkatkan kapabilitas proses produksi. Kata kunci: lean manufacturing, six sigma, VALSAT, FMEA
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Hari Supriyanto, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous