Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Optimasi Tata Letak Fasilitas dalam sistem Manufacturing Cellular dengan Menggunakan Pendekatan Genetic Algorithm (studi kasus : PT. Mertex Indonesia Mojokerto)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Optimasi Tata Letak Fasilitas dalam sistem Manufacturing Cellular dengan Menggunakan Pendekatan Genetic Algorithm (studi kasus : PT. Mertex Indonesia Mojokerto)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Adib Shururi
Subject(s) Facility Layout
Genetic Algorithm
Classification 658.202
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2006
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Pada saat ini dunia industri telah berkembang dengan pesat dan persainganpun semakin ketat. Akibatnya perusahaan berlomba-lomba untuk memperbaiki dan mengembangkan sistem usahanya agar lebih efisien dan efektif. Tata letak fasilitas pabrik memiliki dampak yang cukup significant terhadap performansi perusahaan seperti biaya material handling, work-in process inventory, lead times, produktivitas, dan performansi pengantaran. Desain fasilitas pabrik yang bagus adalah yang mampu meningkatkan keefektifan dan keefisienan melalui penurunan perpindahan jarak material, dan biaya material handling. Dalam tugas akhir ini dilakukan penelitian perancangan ulang tata letak fasiltas mesin pada perusahaan textile yang memproduksi benang. Berdasarkan permasalahan yang ada, perancangan dilakukan dengan mengunakan cellular manufacturing systems yaitu mengelompokkan produk yang memiliki kesamaan desain atau kesamaan karakteristik manufaktur atau gabungan dari keduanya. Hasil pengelompokan ini berupa formasi mesin yang membentuk cell-cell. Sedang metode penyusunan mesin didalam cell menggunakan metode Genetic Algorithm. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa layout usulan yang dirancang lebih baik dari existing layout. Layout usulan memiliki jarak rectilinear perpindahan material yang lebih kecil, selisihnya 39.696 m atau penurunan jaraknya sebesar 51% dari kondisi existing. Begitu juga dengan nilai fungsi evaluasi layout mengalami penurunan nilai sebesar 230.476 atau 37% dari layout kondisi existing. Kata kunci: Layout, Manufacturing Cellular, Genetic Algorithm
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Ir. Ahmad Rusdiansyah, M.Eng.;Yudha Andrian Saputra, ST
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous