Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Implementasi Pendekatan AHP dan LCA untuk Analisis Lingkungan pada Produk Pupuk NPK Phonska (studi kasus PT. Petrokimia Gresik)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Implementasi Pendekatan AHP dan LCA untuk Analisis Lingkungan pada Produk Pupuk NPK Phonska (studi kasus PT. Petrokimia Gresik)
Edition
Call Number 2006/II/30
ISBN/ISSN
Author(s) Angga Adiperdana
Subject(s) AHP
Environmental
MCDM
Classification 333.174
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2006
Publishing Place Surabaya
Collation 25 cm
Abstract/Notes
Specific Detail Info Semakin meningkatnya konsumsi sumber daya alam dan terjadinya penurunan daya dukung bumi terhadap limbah dan pencemaran mengakibatkan perhatian masyarakat pada masalah lingkungan meningkat.. Life Cycle Management adalah konsep berpikir, teknik dan prosedur yang fleksibel dan berkaitan dengan aspek lingkungan, sosial dan ekonomi dari produk dan organisasi dalam mencapai perbaikan lingkungan dari sudut pandang life cycle. Salah satu alat dalam LCM adalah Life Cycle Assessment (LCA) sebuah metode untuk mengukur dampak lingkungan yang diakibatkan produk atau aktifitas sepanjang life cycle mulai dari pengambilan raw material, diikuti proses produksi dan penggunaan, dan berakhir pada pengelolaan sampah atau limbah. Dengan kata lain cradle to grave. Penelitian ini meneliti kemungkinan substitusi bahan baku produk pupuk phonska yang diproduksi PT. Petrokimia Gresik. Untuk pembuatan Inventory analysis, dipakai database software SimaPro 5.0. Impact assessment dilakukan untuk mengetahui kontribusi proses/produk pada dampak lingkungan dengan bantuan software SimaPro 5.0. Berdasarkan impact assessment, tahap penggunaan urea memberi kontribusi paling besar sepanjang proses produksi produk. Dari penaksiran dampak lingkungan dapat disusun rancangan-rancangan teknis maupun manajerial untuk mencapai peningkatan performansi produk terhadap lingkungan. Alternatif-alternatif perbaikan yang disusun akhirnya dipilih dengan MCDM-AHP. Penelitian ini menghasilkan alternatif perbaikan optimal yaitu Skenario reuse amoniak. Kata kunci : Pupuk Phonska, Life Cycle Assessment, Manajemen Lingkungan, AHP, SimaPro 5.0
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Ir. Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous