Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Identifikasi Resiko Bencana dan Perencanaan Langkah Mitigasi pada Proses Pemurnian Gula (studi kasus PG Toelangan Sidoarjo)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Identifikasi Resiko Bencana dan Perencanaan Langkah Mitigasi pada Proses Pemurnian Gula (studi kasus PG Toelangan Sidoarjo)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Sat Restu Wahyuningsih
Subject(s) Disaster Management
Maintenance
Classification 658.2
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2006
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Bencana atau disaster merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari. Penyebab bencana bisa bermacam-macam, bisa karena ulah manusia dan bisa juga karena kesalahan teknis berupa kesalahan sistem. Dampak akibat bencana bisa sangat fatal karena menyangkut hidup manusia. Meskipun bencana tersebut tidak dapat dihindari tetapi setidaknya kita dapat meminimalisasi dampak yang ditimbulkan oleh bencana tersebut Penelitian ini dilakukan di PG Toelangan Sidoarjo. Permasalahan yang ada pada pabrik tersebut adalah penggunaan material berbahaya dalam proses produksi terutama pada proses pemurnian gula. Pendekatan yang digunakan untuk membuat mitigasi atau rekomendasi perbaikan adalah risk assessment dan readiness assessment. Risk assessment digunakan untuk mengidentifikasi resiko bencana dengan menggunakan tools FMEA dan RCA. Sedangkan readiness assessment digunakan untuk mengetahui tingkat kesiapan sistem manajemen PG Toelangan dalam menghadapi suatu bencana, pendekatan ini menggunakan CAR checklist. Dari hasil penelitian dapat terlihat bahwa resiko bencana yang mungkin terjadi adalah pencemaran udara, kebakaran dan uap panas release. Berdasarkan risk matrix, pencemaran udara termasuk dalam resiko ekstrim. Sedangkan kebakaran dan uap panas release termasuk dalam resiko tinggi. Berdasarkan CAR checklist, tingkat kesiapan sistem managemen PG Toelangan dalam menghadapi suatu bencana masih membutuhkan perbaikan,. Kata kunci : disaster, risk assessment, readiness assessment, mitigasi
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Nani Kurniati, ST,MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous