Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Peningkatan Produktivitas Operator dengan Perbaikan Metode Kerja dan Penentuan waktu Istirahat ( studi kasus Departemen Medical Equipment PT. Otsuka Indonesia)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Peningkatan Produktivitas Operator dengan Perbaikan Metode Kerja dan Penentuan waktu Istirahat ( studi kasus Departemen Medical Equipment PT. Otsuka Indonesia)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Agni Yudo Adiyanto
Subject(s) LAYOUT
TTC
Classification 658.2
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2006
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Departemen Medical Equipment II PT. OTSUKA INDONESIA dituntut untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan memenuhi standarisasi sebagai perusahaan di bidang kesehatan. Sebagian besar proses dilakukan dengan menggunakan tenaga manusia (manual) karena produk yang dihasilkan terdiri dari komponen-komponen yang membutuhkan proses perakitan atau assembly yang dilakukan secara manual. Hal ini diperburuk dengan sistem rotasi yang dilakukan oleh pihak manajemen yang bertujuan agar operator dapat melakukan semua aktivitas kerja (multy skill) yang ada di departemen Menelaah permasalahan tersebut maka perlu dilakukan pengukuran mengenai proses pembelajaran / penyesuaian yang dialami oleh operator sehingga dapat diketahui range waktu yang dibutuhkan oleh seorang operator untuk mencapai kondisi standar setelah operator tersebut mengalami rotasi pekerjaan. Penelitian akan melihat pengaruh rotasi kerja terhadap proses penyesuaian operator & penentuan resting time terhadap rotasi dari sisi penyesuaiannya, dengan menggunakan data aktual kinerja operator akan dicari kecenderungan pola kerjanya. Kemudian pengukuran terhadap heart rate operator juga dilakukan sebelum dan setelah pekerjaan dilakukan untuk mencari konsumsi energi dari pekerjaan yang dilakukan sehingga lamanya waktu istirahat dapat dicari. Pengambilan data NBM (Nordic Body Map) juga dilakukan sebagai acuan perbaikan elemen kerja tiap proses. Kata kunci : rotasi, learning curve, resting time
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Sritomo Wignjosoebroto, MSc.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous