Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Aplikasi Pendekatan Konsep Lean Guna Meminimasi Pemborosan pada Sistem Produksi di Instalasi Pengolahan Air Minum Ngagel III(studi kasus : Perusahaan Daerah Air Minum Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Aplikasi Pendekatan Konsep Lean Guna Meminimasi Pemborosan pada Sistem Produksi di Instalasi Pengolahan Air Minum Ngagel III(studi kasus : Perusahaan Daerah Air Minum Surabaya)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Rizki Amelia
Subject(s) Manufacture System
Classification 658.575 2
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2006
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Perusahaan Daerah Air Minum kota Surabaya merupakan perusahaan pemerintah pelayanan jasa penyediaan air minum yang mempuyai tanggung jawab terhadap pengelolaan air. Agar masyarakat dapat menikmati air bersih yang terjamin kualitas dan kuantitasnya maka Perusahaan Daerah Air Minum harus meningkatkan performansinya dan salah satu caranya adalah dengan melakukan efisiensi yaitu dengan mengurangi aktivitas non value added yang sebenarnya merupakan pemborosan (waste). Dalam penelitian ini obyek yang diteliti di Instalasi Pengolahan Ngagel III dan pendekatan yang digunakan adalah dengan metode lean. Lean merupakan sebuah filosofi yang mencoba untuk mengeliminir segala bentuk pemborosan yang terjadi dalam aliran nilai. Penelitian diawali dengan memahami karakteristik sistem secara umum dan menggambarkan Big Picture Mapping. Selanjutnya mengaplikasikan Waste Workshop untuk mengidentifikasikan waste yang terjadi dengan menggunakan tool yang terpilih. Proses pemilihan tool ini menggunakan metode Value Stream Analysis Tool untuk mendapatkan tool mana yang tepat dalam proses mapping. Tools yang terpilih adalah Process Activity Mapping, Supply Chain Response Matrix, dan Production Variety Funnel. Pemborosan yang berhasil teridentifikasi selanjutnya dianalisa untuk mencari root cause pemborosan. Bentuk rekomendasi yang diberikan dalam penelitian ini ditujukan untuk mereduksi root cause pemborosan tersebut Kata kunci : Waste, Big Picture Mapping, Value Stream Analysis Tool
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Hari Supriyanto, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous