Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Model Simulasi Penjadwalan Kapal Pengangkut Pupuk dan Bahan Kimia untuk Meminimasi Delay Kapal di Pelabuhan dengan Algoritma Penjadwalan Operasi (studi kasus : PT. Petrokimia Gresik)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Model Simulasi Penjadwalan Kapal Pengangkut Pupuk dan Bahan Kimia untuk Meminimasi Delay Kapal di Pelabuhan dengan Algoritma Penjadwalan Operasi (studi kasus : PT. Petrokimia Gresik)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Eva Fajarrina
Subject(s) Algorithm
Simulation
Classification 003
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2006
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info PT. Petrokimia Gresik merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang industri pupuk pestisida, bahan-bahan kimia, peralatan pabrik, jasa rancang bangun dan perekayasaan, serta jasa lainnya. Kegiatan distribusi di PT. Petrokimia Gresik, baik aliran material yang masuk maupun pengiriman produk dilakukan melalui dua jalur, yaitu jalur darat dan air. Untuk kegiatan distribusi melalui jalur air, sarana transportasi yang digunakan adalah kapal. PT. Petrokimia Gresik memiliki fasilitas pelabuhan untuk kegiatan distribusi dengan menggunakan kapal. Selama ini, perusahaan tidak memiliki jadwal yang mengatur kedatangan kapal. Hal ini sering menimbulkan delay kapal, yang berakibat lebih jauh terhadap besarnya biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan untuk penambahan biaya sewa kapal, dan juga denda yang harus dibayarkan jika terjadi keterlambatan proses bongkar ataupun muat. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan alternatif solusi yang dapat dilakukan oleh PT. Petrokimia Gresik untuk meminimumkan delay kapal di pelabuhan. Metode yang digunakan adalah metode simulasi, dan algoritma penjadwalan operasi untuk parallel machine, yaitu Shortest Processing Time (SPT), Longest Processing Time (LPT), dan Earliest Due-Date (EDD). Algoritma tersebut digunakan dalam pembuatan skenario untuk model simulasi. Tujuannya adalah untuk mengetahui besarnya waktu tunggu atau delay kapal, sebagai dasar perbandingan antara hasil skenario dengan kondisi awal. Kata Kunci: Penjadwalan, Simulasi
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Eng. Ir. Ahmad Rusdiansyah, M.Eng.;Syarifah Hanoum, ST,MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous