Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Sistem Kerja yang Efektif untuk Peningkatan Produktivitas pada Departemen Stitching PT. Trisulapack Indah Maspion unit III)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Sistem Kerja yang Efektif untuk Peningkatan Produktivitas pada Departemen Stitching PT. Trisulapack Indah Maspion unit III)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Inggrid Dieanieta Sari
Subject(s) ERGONOMIC
Classification 620.82
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2006
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Produktivitas telah menjadi sebuah istilah yang sangat penting di berbagai bidang kehidupan akhir-akhir ini. Dengan berpegang pada indeks produktivitas, suatu perusahaan akan mampu memonitor serta meningkatkan kinerjanya sehingga mampu bersaing dengan perusahaan lainnya. PT. Trisulapack Indah merupakan anak perusahaan Maspion Group yang memproduksi kotak karton. Karena menganut sistem padat karya, maka tenaga kerja yang terlibat dalam proses produksi cukup besar. Tempat, metode, dan lingkungan kerja yang jauh dari aspek ergonomi seringkali menyebabkan hasil akhir yang tidak maksimal dari sisi output. Penelitian ini dilakukan karena adanya hipotesa bahwa bottle neck terbesar terjadi pada departemen stitching dan penyebab bottle neck tersebut adalah produktivitas operator pada departemen stitching yang cukup rendah. Pada penelitian awal yang dilakukan (work sampling) diketahui bahwa kegiatan non produktif yang berupa non available mencapai 16,72%. Tujuan akhir penelitian ini adalah menciptakan suatu sistem kerja yang dapat mengurangi delay, menciptakan metode kerja yang lebih sederhana dan dapat meningkatkan motivasi operator dalam melakukan pekerjaannya. Hasil penelitian ini adalah penetapan waktu standar dan output standar, penentukan jumlah kebutuhan mesin ikat pada departemen stitching, perancangan sistem insentif, dan perancangan metode baru pada proses loading. Dengan mengambil contoh 27 jenis produk maka didapatkan rata-rata penurunan waktu standar sebesar 0,84 detik/unit (7,13%) untuk kardus dengan gelombang single dan sebesar 3,46 detik/unit (18,52%) untuk kardus dengan gelombang double. Kata kunci : produktivitas, bottle neck, pengukuran kerja, insentif
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Sritomo Wignjosoebroto, Msc.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous