Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Simulasi Jaringan Antrian untuk Mengurangi Work in Process dan Menurunkan Flow Time (studi kasus PT. Alstom Power Energy system Indonesia)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Simulasi Jaringan Antrian untuk Mengurangi Work in Process dan Menurunkan Flow Time (studi kasus PT. Alstom Power Energy system Indonesia)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Betty Anggia Fitri Lestari
Subject(s) Simulation
Work in Process
Classification 003
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2006
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info PT. ALSTOM Power Energy System Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang desain dan manufaktur boiler serta pelayanan jasa peralatan power plant yang terkait dengan boiler di Indonesia. Sebagai perusahaan Assembly to Order, perusahaan seringkali menerima order dengan interval kedatangan hampir bersamaan sehingga menyebabkan peningkatan jumlah work in process pada lantai produksi. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana mengurangi jumlah work in process pada lantai produksi dan menurunkan flow time produk. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan melalui pendekatan simulasi. Metode ini dapat memberikan gambaran mengenai kondisi proses produksi sesungguhnya berdasarkan jumlah resources yang dimiliki dan adanya karakteristik kesamaan pada order yang diterima, maka model simulasi yang dibuat dapat diterapkan pada keseluruhan order dengan cara mengganti beberapa variabel. Hasil yang diperoleh melalui simulasi sistem nyata adalah waktu rata-rata antrian yang terjadi pada masing-masing proses produksi. Sehingga berdasarkan waktu antrian tersebut dapat diberikan empat alternatif skenario perbaikan yang akan dibandingkan antara waktu antrian dan flow time terhadap investasi yang dikeluarkan. Kata kunci : work in process, rata-rata waktu antrian, flow time, simulasi
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Ir. I. Nyoman Pujawan, M.Eng.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous