Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pendekatan Konsep Lean Guna Menangani Waste Produksi dalam Usaha Peningkatan Efisiensi Sistem Produksi (studi kasus : Medical Equipment Factory 1 PT. Otsuka Indonesia)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pendekatan Konsep Lean Guna Menangani Waste Produksi dalam Usaha Peningkatan Efisiensi Sistem Produksi (studi kasus : Medical Equipment Factory 1 PT. Otsuka Indonesia)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Isti Hardiningsih
Subject(s) Lean Manufacturing
Classification 658.787
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2006
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info PT. Otsuka Indonesia (yang dikenal dengan nama PT. OI) merupakan salah satu perusahaan farmasi di Indonesia yang telah mampu menembus pasar Internasional. Pasar yang dimiliki PT Otsuka Indonesia adalah 13 negara di Asia dan 33 kota di Indonesia. Medical Equipment 1 (ME 1) adalah salah satu pabrik yang dimiliki PT. OI yang memproduksi produk-produk infusion set. Untuk dapat bertahan dalam persaingan PT. OI harus senantiasa meningkatkan perfomansi perusahaannya. Perfomansi sebuah perusahaan dapat diukur dari tingkat efektivitas dan efisiensi sistem produksinya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan efisiensi tanpa mengurangi efektivitas adalah dengan menggunakan pendekatan lean. Konsep lean mampu mengeliminasi waste tepat sasaran pada value stream system. Pada awal penelitian dilakukan penggambaran sistem pemenuhan order menggunakan Big Picture Mapping sehingga diketahui Value Stream System untuk produk OI-24 (produk infusion set dengan demand terbesar). Kemudian dilakukan waste workshop untuk memberikan skor terhadap kemungkinan-kemungkinan pemborosan yang telah terjadi dalam sistem produksi ME 1 PT. Otsuka Indonesia. Eliminasi waste difokuskan pada value stream dengan penggambaran detail mapping menggunakan Value Stream Mapping Tools dimana untuk menentukan mapping tools yang sesuai digunakan Value Stream Analysis Tool (VALSAT). Mappings tools yang terpilih antara lain Process Activity Mapping, Supply Chain Responce Matrix dan Demand Amplification Mapping. Kemudian dianalisa akar penyebab pemborosan tersebut yang kemudian diberikan rekomendasi perbaikan guna mengeleminasi pemborosan yang terjadi sehingga perfomansi perusahaan meningkat. Kata kuci : Konsep lean, Pemborosan, Big Picture Mapping, Value Stream Mapping Tools LEAN APPROACH CONCEPT TO HANDLE
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dyah Santhi Dewi , ST,M.EngSc.;Arief Rahman, ST
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous