Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Implementasi Green Productivity sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Produktivitas dan Kinerja Lingkungan (studi kasus PT.Mermaid Textile Industry Indonesia)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Implementasi Green Productivity sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Produktivitas dan Kinerja Lingkungan (studi kasus PT.Mermaid Textile Industry Indonesia)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Putu Dyah Ika Susanti
Subject(s) PRODUCTIVITY ANALISYS
Classification 658.566
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2006
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Industri tekstil berpotensi memberikan dampak polusi terhadap lingkungan. Bahan-bahan kimia yang digunakan dalam proses produksi menghasilkan limbah cair yang memiliki kandungan kadar zat kimia yang tinggi. Proses pemberian zat warna pada kain seringkali tidak terserap dengan sempurna sehingga dapat menyebabkan air menjadi sangat keruh akibat banyaknya zat warna yang tidak terserap oleh kain. Fokus utama permasalahan ini adalah untuk meningkatkan daya serap zat warna pada kain. Setelah membandingkan dua alternatif, maka dilipih alternatif kedua, yaitu menambahkan bahan kimia perekat (sanmorl). Solusi ini diestimasikan memberikan penghematan 876 juta/tahun. Dengan penerapan GP, khususnya pada proses pewarnaan, maka diperoleh peningkatan produktivitas dari 169% menjadi 169.5%. Bahan kimia ini dapat meningkatkan penyerapan warna ke kain hingga 8% dan dapat menurunkan kandungan BOD dan COD dalam limbah masing-masing sebesar 12.5% dan 19%, sehingga memberikan peningkatan indeks EPI dari 22.05 menjadi 22.73. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa GP merupakan strategi yang tepat untuk meningkatkan produktivitas dan perlindungan terhadap lingkungan melalui pengurangan sumber daya dan penurunan waste sehingga menciptakan produksi yang lebih baik. Kata kunci:produktivitas ramah lingkungan, indikator performansi lingkungan, metode deret seragam, limbah cair.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Ir. Moses L.Singgih, MSc.M.Reg.Sc.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous