Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pendekatan Lean Production untuk Meminimasi Waste pada Proses Produksi Underframe Kereta Ekonomi (studi kasus pada PT.Inka Persero)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pendekatan Lean Production untuk Meminimasi Waste pada Proses Produksi Underframe Kereta Ekonomi (studi kasus pada PT.Inka Persero)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Siska Rahmania
Subject(s) Lean Production
Classification 658.5
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2006
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Sistem produksi adalah salah satu yang memegang peranan besar, seberapa efisien sistem produksi yang dijalankan sangat berpengaruh terhadap performansi perusahaan tersebut. Pendekatan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ketidakefisienan atau pemborosan yang terjadi dalam sistem produksi suatu perusahaan adalah lean production. Lean production adalah pendekatan sistematis untuk mengidentifikasi dan mencari penyebab waste tersebut kemudian meminimasi atau bahkan mengeliminasinya. Penelitian yang akan dilakukan bertujuan untuk meminimasi waste pada proses fabrikasi rangka utama underframe K3 Bangladesh dengan menggunakan pendekatan lean production. Pertama-tama pada penggambaran whole stream perusahaan digunakan big picture mapping. Dari hasil pembobotan waste berdasarkan kuisioner dan juga data historis kemudian dilakukan pemilihan tool detailed mapping sesuai jenis waste yang memiliki ranking tertinggi menggunakan VALSAT. Setelah dilakukan pemetaan secara detail maka dapat dilakukan identifikasi waste dan evaluasi. Kemudian dilakukan analisa penyebab dan dibuat rekomendasi dan rancangan perbaikan bagi perusahaan agar dapat meningkatkan efisiensi dari proses fabrikasi rangka utama underframe K3 Bangladesh. Rancangan perbaikan yang dilakukan adalah pembuatan mal untuk marking pelubangan, prosedur pencatatan defect, program telusur part serta program optimasi cutting plan. Kata kunci: lean production, aliran nilai, waste, value strem mapping.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dyah Santhi Dewi, ST,M.EngSc.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous