Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penentuan Interval Waktu Perawatan dan Jumlah Karyawan Maintenance yang Optimal (Studi kasus: PT. Boma Bisma Indra, Pasuruan)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penentuan Interval Waktu Perawatan dan Jumlah Karyawan Maintenance yang Optimal (Studi kasus: PT. Boma Bisma Indra, Pasuruan)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Nelly Megasari
Subject(s) Maintenance
Reliability
Classification 620.004 52
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2006
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info PT Boma Bisma Indra adalah perusahaan penghasil alat-alat berat dengan sistem job order. Bagi perusahaan job order sangat penting untuk memperhatikan ketepatan waktu penyelesaian sehingga dapat menimbulkan kepercayaan customer. Satu hal yang harus diperhatikan adalah menjaga kestabilan proses produksi. Kondisi ini dipengaruhi oleh keandalan mesin, maka kegiatan perawatan harus dilakukan secara teratur dan terencana. Selain itu alokasi karyawan juga penting sebagai pendukung. Permasalahan utama adalah menentukan interval penggantian komponen kritis dan alokasi jumlah karyawan maintenance yang optimal. Interval penggantian untuk V-packing main piston adalah 177 hari dan V-packing lifting 460 hari. Dan berdasarkan biaya minimum dan frekuensi kegagalan, jumlah karyawan optimal untuk mekanik dan electrician masing-masing 3 dan 1 orang. Dengan adanya jumlah karyawan tersebut, maka perusahaan dapat memaksimalkan penggunaan karyawan. Dengan mengimplementasikan interval waktu penggantian dan alokasi karyawan maintenance yang optimum, perusahaan dapat menjaga kestabilan proses produksi dan dapat menyelesaikan order tepat waktu. Kata kunci : perawatan, interval waktu penggantian, alokasi karyawan, komponen kritis.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Yudha Prasetyawan, ST,M.Eng.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous