Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pendekatan Time Study untuk Perbaikan Proses Produksi Guna Menunjang Penerapan Lean Manufacturing (studi kasus Dep. Group A, PT. Philips Lighting Indonesia)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pendekatan Time Study untuk Perbaikan Proses Produksi Guna Menunjang Penerapan Lean Manufacturing (studi kasus Dep. Group A, PT. Philips Lighting Indonesia)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Tatit Hidayati
Subject(s) Lean Manufacturing
TIME STUDY
Classification 658.542
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2006
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Salah satu cara untuk mengetahui bahwa aktivitas kerja yang selama ini kita lakukan telah melalui prosedur dan target yang benar adalah dengan melakukan suatu penelitian pengukuran kerja. Dengan Time Study Tools, maka proses pengukuran kerja yang selama ini dilakukan, diharapkan dapat sesuai dengan target, dan prosedur kegiatan yang ditetapkan. Melalui kombinasi antara Time Study Tools dan Lean Concept inilah dapat diketahui prosedur-prosedur yang tidak value added sekaligus berusaha untuk memperbaikinya. Langkah awal dari penelitian ini adalah dengan melakukan pemahaman terhadap pelaksanaan Lean Manufacturing di PT. Philips Lighting Indonesia. Setelah itu dilakukan identifikasi waste yang ada, dan juga penyusunan rencana perbaikan untuk meminimalisasi waste tersebut. Selain itu, adanya indikasi ketidakoptimalan operator menjadikan penelitian ini tidak hanya menggunakan Value Stream Analysis Tools (VALSAT) untuk mengidentifikasi adanya waste, tetapi juga menggunakan Time Study tools seperti Work Sampling dan Stop Watch Time Study yang diharapkan mampu menganalisa keseluruhan proses produksi yang mendukung terciptanya Lean Manufacturing Environment di PT. Philips Lighting Indonesia. Adapun rencana perbaikan nantinya akan lebih diarahkan kepada pengukuran performansi operator yang ada di lantai produksi. Hal ini berdasarkan adanya indikasi awal adanya 3 waste utama yang terdapat di lantai produksi yakni waiting, excessive transportation, dan unnecessary motion. Tools yang digunakan dalam melakukan tahap identifikasi dan penyusunan rencana perbaikan didasarkan pada Value Stream Analysis Tools (VALSAT), Work Sampling, dan juga Stop Watch Time Study. Kata kunci: Time Study Tools, Lean Concept, Value Stream Mapping, Work Sampling, Stop Watch Time Study, waste, value added
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dyah Santhi Dewi, ST.M.Eng.Sc.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous