Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penentuan Hubungan Variabel-Variabel yang Mempengaruhi Supply Chain Agility dengan Metode Interpretive Structural Modeling (Studi Kasus : PT. Surya Rengo Contaainers)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penentuan Hubungan Variabel-Variabel yang Mempengaruhi Supply Chain Agility dengan Metode Interpretive Structural Modeling (Studi Kasus : PT. Surya Rengo Contaainers)
Edition
Call Number 2007/02
ISBN/ISSN
Author(s) Aang Chris Harjanto
Subject(s) Interpretive Structural Modeling
Supply Chain Agility
Classification 658.7
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2007
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Keadaan pasar yang tidak stabil dan senantiasa berubah menuntut perusahaan untuk bisa merespon dengan cepat perubahan permintaan pasar agar bisa terus bertahan dalam persaingan. Konsep inilah yang disebut agile manufacturing. Agility selanjutnya membantu perusahaan dalam menyediakan produk yang tepat, pada waktu yang tepat dan pada saat yang tepat. Dalam kondisi market yang tidak stabil dan tidak dapat diprediksi diperlukan suatu cara untuk menentukan langkah-langkah yang harus diambil dengan cepat dalam merespon pasar. Untuk bisa menentukan langkah-langkah yang tepat perusahaan harus dapat menentukan variabel yang mempengaruhi agility, karakteristik dan hubungan antar variabel, serta variabel kritis yang mempengaruhi agility. Variabel-variabel itu antara lain, sensitivitas pasar, kecepatan pengantaran, akurasi data, pengenalan produk baru, perencanaan kolaboratif yang terpusat, integrasi proses, penggunaan teknologi informasi, pengurangan lead time, perbaikan tingkat layanan, minimasi biaya, kepuasan pelanggan, perbaikan kualitas, meminimasi ketidakpastian, pengembangan kepercayaan, meminimasi perlawanan untuk berubah. Penelitian ini mengimplementasikan metode Interpretive Structural Modeling. Dengan menggunakan metode ini, dapat diketahui hubungan ketergantungan antar variabel tersebut di dalam perusahaan. Penelitian ini dilakukan PT. Surya Rengo Container yang merupakan perusahaan packaging yang memproduksi karton dimana dalam industri packaging mempunyai variasi produk tinggi dan volume produksi rendah. Penelitian ini menghasilkan hubungan antar variabel dan variabel kritis yang paling berpengaruh di perusahaan dalam mencapai agility, antara lain, penggunaan teknologi informasi, kepuasan pelanggan, sensitivitas pasar, minimasi biaya dan perbaikan kualitas. Kata kunci : Agility, Interpretive structural modeling
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Budi Santosa, M.Sc.;Dr. Ir. I Nyoman Pujaawan, M.Eng.Sc
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous