Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Studi Variasi Produk dalam Upaya Meningkatkan Customer Satisfaction dengan Menggunakan Metode Structural Equational Modeling (SEM) pada Industri Rokok Kretek Skala Kecil (Studi Kasus : PT. Bintang Mas Wijaya-Malang)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Studi Variasi Produk dalam Upaya Meningkatkan Customer Satisfaction dengan Menggunakan Metode Structural Equational Modeling (SEM) pada Industri Rokok Kretek Skala Kecil (Studi Kasus : PT. Bintang Mas Wijaya-Malang)
Edition
Call Number 2007/05
ISBN/ISSN
Author(s) Andri Wega Anggara
Subject(s) CUSTOMER SATISFACTION
Product Variation
Classification 658.562
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2007
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Dalam penelitian ini digunakan beberapa faktor dari variabel Keberhasilan suatu perusahaan dalam menjalankan bisnisnya ditentukan oleh kemampuan perusahaan memasarkan produknya, yaitu mempengaruhi calon konsumen dan pembeli menjadi konsumen atau pembeli aktif serta dapat mempengaruhi konsumen atau pembeli agar dapat meningkatkan konsumsi atau pembeliannya. Produk yang berbahan baku tembakau sangat unik karena menyangkut selera setiap individu. Artinya setiap consumer mempunyai selera tersendiri dalam menentukan jenis rokok dan taste yang mereka inginkan yang dibuat berdasarkan racikan antara tembakau, cengkeh dan saus. Variasi produk membawa pengaruh baik karena dapat meningkatkan pendapatan, tetapi juga memberi dampak buruk karena dapat meningkatkan biaya dan kompleksitas produksi. Di dalam industri rokok karakteristik variasi produk ditemui dalam spesifikasi berdasarkan packaging (pengemasan), jenis produk (SKT dan SKM), taste (high flavour dan low flavour), serta size (ukuran), maupun harga. Kepuasan pelanggan sangat dipengaruhi oleh nilai-nilai konsumen yang telah diberikan perusahaan (customer value) kepada konsumen. Tujuan perusahaan adalah untuk meningkatkan profit yang berujung pada meningkatnya nilai-nilai konsumen (customer value) sehingga tercapai kepuasan konsumen (customer satisfaction) variasi produk yaitu komposisi (A1), rasa maupun aroma (A2), desain maupun kemasan (A3) dan harga (A4) dan pengaruhnya terhadap terhadap variabel kepuasan pelanggan yaitu faktor nilai konsumen (B1), performansi produk (B2), harapan konsumen (B3), dan respon emosional (B4) dengan menggunakan metode struktural equation modeing (SEM). SEM merupakan pendekatan terintegrasi antara analisis faktor, model struktural dan analisis path. Di sisi lain SEM juga merupakan pendekatan terintegrasi antara analisis data dengan konstruksi konsep. Di dalam SEM kita dapat melakukan tiga kegiatan secara serempak yaitu pemeriksaan validitas dan reliabilitas instrumen (sesuai dengan analisis faktor konfirmatori), pengujian model berkaitan dengan hubungan antar variabel latent (sesuai dengan analisis path) dan mendapatkan model yang bermanfaat untuk prakiraan (setara dengan model terstruktural). Dari faktor–faktor yang terdapat dalam variabel variasi produk tersebut yaitu komposisi (A1), rasa maupun aroma (A2), desain maupun kemasan (A3), harga (A4), maka faktor desain maupun kemasan (A3) dan faktor harga (A4) memiliki pengaruh yang sangat dominan terhadap kepuasan pelanggan di PT. Bintang Mas Wijaya Malang karena memiliki nilai indikator sebesar 0,70 dan 0,64. Sedangkan melalui analisa SEM faktor respon emosional dipilih karena memiliki nilai indeks variabel yang lebih besar daripada faktor nilai konsumen, performansi produk maupun harapan konsumen yaitu sebesar 2,37 Kata Kunci : variasi produk, customer value, customer satisfaction, SEM
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc;Ir. Arman Hakim Nasution, M.Eng
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous