Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pemodelan Rute dan Penjadwalan Kapal Tanker Multi Kapasitas (Studi Kasus PT. Pertamina UPMS VII)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pemodelan Rute dan Penjadwalan Kapal Tanker Multi Kapasitas (Studi Kasus PT. Pertamina UPMS VII)
Edition
Call Number 2007/14
ISBN/ISSN
Author(s) Ratna Trishartanti
Subject(s) Logistic Management
Scheduling
VRP
Classification 658.7
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2007
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Penelitian ini ditujukan untuk memodelkan rute dan penjadwalan kapal tanker multi kapasitas pada PT. PERTAMINA UPMS VII. Tujuan model adalah untuk menentukan rute dan penjadwalan armada kapal tanker sehingga didapatkan biaya yang minimal dan menjamin terpenuhinya demand dari konsumen secara tepat waktu. Problem dipandang sebagai Vehicle Routing Problem dengan kendaraan heterogen dan time window (VRPHTW). VRPHTW merupakan kombinasi antara dua varian Vehicle Routing Problem (VRP) klasik dengan menambahkan dua fitur. Yang pertama VRP dengan Time Window (VRPTW). VRPTW merupakan pengembangan dari VRP konsumen dimana setiap konsumen harus dilayani dalam batas waktu (time window) yang ditentukan. Dan kedua VRPH (Vehicle Routing Problem with Heterogeneous Fleet of Vehicle). VRPH berbeda dengan VRP klasik dimana VRPH berhubungan dengan armada kendaraan yang heterogen. VRP klasik mengasumsikan bahwa sejumlah kendaraan yang pasti dengan kapasitas yang diketahui telah tersedia. VRPH memilih jumlah dan tipe kendaraan di armada dari jenis yang tersedia. Model diselesaikan melalui tiga tahap, yaitu clustering pelabuhan dan kapal, generasi dan optimasi. Output dari penelitian ini menghasilkan penentuan rute dan penjadwalan kapal tanker yang lebih optimal jika dibandingkan dengan penentuan rute dan penjadwalan kapal yang ada saat ini di PT. PERTAMINA UPMS VII. Hal ini terlihat dari biaya total model yang lebih kecil, yaitu $994,609.87 sebulan dengan menggunakan lima cluster, $806,057 dengan empat cluster, sedangkan biaya total untuk penentuan rute dan penjadwalan PT. PERTAMINA yang ada saat ini adalah $1,180,630.939. Selain itu kapal yang dibutuhkan lebih sedikit. Pada model yang disusun dibutuhkan tujuh kapal untuk memenuhi kebutuhan premium di UPMS VII, sedangkan dengan jadwal yang ada dibutuhkan sembilan kapal. Kata Kunci: Penjadwalan; Rute; Vehicle Routing Problem.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Eng. Ir. Ahmad Rusdiansyah, M. Eng;Nurhadi Siswanto, St., MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous