Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisa Resiko Fluktuasi Niali Tukar Terhadap Kinerja Finansial Proyek dan Penetapan Nilai Hedging yang Optimum sebagai Upaya Mitigasi Risiko dengan Metode Simulasi (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Kapal Tenker X pada PT. PAL Indonesia)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisa Resiko Fluktuasi Niali Tukar Terhadap Kinerja Finansial Proyek dan Penetapan Nilai Hedging yang Optimum sebagai Upaya Mitigasi Risiko dengan Metode Simulasi (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Kapal Tenker X pada PT. PAL Indonesia)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Nadia Ardikani
Subject(s) Financial
Monte Carlo Simulation
Risk Management
Classification 658.155
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2007
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing akan selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu tergantung dengan kondisi ekonomi negara. Ketidakpastian perubahan ini tentu akan berdampak pada perusahaan ataupun proyek-proyek yang melibatkan valuta asing dalam kinerjanya, misalnya impor bahan baku, ekspor produk dan pembelian mesin-mesin produksi dari luar. Dampak yang ditimbulkan adalah adanya variabilitas dalam arus kas proyek. Hal ini yang disebut sebagai resiko nilai tukar rupiah. Studi kasus yang diangkat pada penelitian ini adalah pembangunan kapal tanker pada PT PAL INDONESIA. Proyek kapal tanker ini pasti melibatkan transaksi menggunakan valuta asing, karena banyak material yang di import dari beberapa negara dan sistem peminjaman pada proyek kapal ini dilakukan dengan menggunakan mata uang asing (USD). Sehingga, resiko adanya fluktuasi dari nilai tukar rupiah terhadap beberapa mata uang asing yang digunakan dalam transaksi selama proyek berlangsung sangat berpengaruh terhadap kinerja proyek pembangunan kapal tanker tersebut. Agar proyek dapat terlaksana dengan baik dan berhasil, maka harus dilakukan pengendalian terhadap resiko-resiko yang berdampak negatif terhadap kinerja proyek. Jika kinerja proyek sangat dipengaruhi oleh fluktuasi nilai tukar, maka perlu dilakukan teknik untuk mengurangi tingkat resiko tersebut. Salah satu teknik yang dapat dilakukan adalah hedging, yaitu dengan mematok nilai tukar pada nilai tertentu. Dengan mematok nilai tukar ini, maka perusahaan akan memiliki informasi yang sempurna atas pergerakan nilai mata uang yang dihadapi perusahaan dan dapat mengurangi resiko tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menetapkan nilai hedging yang optimal pada sebuah proyek untuk menghindari dampak negatif dari resiko fluktuasi nilai tukar rupiah dan dapat memanfaatkan dampak positif dari pergerakan nilai tukar tersebut. Untuk menentukan nilai hedging, maka dalam penelitian terlebih dahulu dilakukan pembuatan model finansial untuk mengidentifikasi indikator-indikator kinerja keuangan proyek dengan menggunakan simulasi Monte Carlo dengan melakukan sejumlah eksperimen untuk mengestimasi distribusi dari indikator-indikator kinerja keuangan proyek dengan adanya ketidakpastian variabel-variabel input-nya. Kemudian dalam model simulasi tersebut dimasukkan nilai-nilai hedging tertentu dan mengevaluasi pada nilai hedging berapa didapatkan hasil output simulasi yang optimal. Kata Kunci : Resiko Finansial , Hedging, Simulasi Monte Carlo
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. I. Ketut Gunarta, MT;Naning Aranti W., ST. MM.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous