Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penggunaan Value Stream Mapping pada Instalansi Rawat Jalan untuk Mengurangi Antrian dan Waktu Tunggu Pasien (Studi Kasus: RSU Haji Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penggunaan Value Stream Mapping pada Instalansi Rawat Jalan untuk Mengurangi Antrian dan Waktu Tunggu Pasien (Studi Kasus: RSU Haji Surabaya)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Fandian Syani
Subject(s) Lean
Simulation
Value Stream Mapping
Classification 658.7
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2007
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Rumah Sakit Haji Surabaya dalam berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pasien. Oleh karena itu aktivitas atau pelayanan yang diberikan oleh RSU Haji harus memberikan nilai tambah bagi pasien. Agar pelayanan yang diberikan oleh pihak RSU Haji mampu memberikan nilai tambah bagi pasien, maka pihak RSU Haji Surabaya mampu mengurangi aktivitas non value added. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah Lean dan simulasi. Lean mencoba untuk mengeliminir segala bentuk pemborosan yang terjadi dalam aliran nilai. Diawali dengan memahami karakteristik sistem secara umum dan menggambarkan Big Picture Mapping. Kemudian dilakukan waste workshop untuk memberikan skor terhadap kemungkinan-kemungkinan pemborosan yang telah terjadi dalam instalasi rawat jalan poli penyakit dalam RSU Haji Surabaya . Berdasarkan skor tersebut dan dengan bantuan Value Stream Analysis Tool (VALSAT), kemudian dilakukan pemilihan detail mapping tool untuk mengidentifikasikan titik-titik pemborosan yang terjadi pada flow pasien poli penyakit dalam, Detail mapping tool yang terpilih yaitu Process Activity Mapping. Setelah mengetahui jenis pemborosan, sistem instalasi rawat jalan poli penyakit dalam RSU Haji Surabaya dibuatkan model dengan tujuan agar dapat diketahui waktu tunggu pasien pada setiap tahapan pada poli penyakit dalam. Kata kunci: Lean, Pemborosan, Simulasi, Waktu Tunggu, Antrian
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. I Nyoman Pujawan, M.Eng.,PhD
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous