Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penentuan Kebijakan Perawatan Mesin dengan Menggunakan Konsep Total Quality Maintenance (Studi Kasus : PT. Barata Indonesia (Persero) Gresik)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penentuan Kebijakan Perawatan Mesin dengan Menggunakan Konsep Total Quality Maintenance (Studi Kasus : PT. Barata Indonesia (Persero) Gresik)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Lasmer Samuel Damanik
Subject(s) QUALITY CONTROL
TQM
Classification 658.562
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2007
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Pada persaingan produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan, kualitas produk salah satunya ditentukan oleh kondisi fasilitas produksi atau mesin yang digunakan. Deviasi produk dapat terjadi jika mesin tidak dapat bekerja optimal karena adanya kerusakan. Sehingga diperlukan perawatan terhadap mesin dimana salah satunya dengan melihat trend kualitas produk yang terjadi. Salah satu produk yang dihasilkan Workshop 4 PT. Barata Indonesia adalah cylinder cover outer yang dihasilkan oleh CNC Horizontal Boring and Milling Machine. Terdapat fakta bahwa pada karakteristik lubang CCO sering mengalami defect, sehingga diperlukan perawatan secara menyeluruh terhadap CNC HBMM untuk mengembalikan performansi mesin yang optimal dan akhirnya kualitas produk dapat terjaga. Dengan menggunakan konsep Total Quality Maintenance akan ditentukan kebijakan perawatan dengan identifikasi terhadap kualitas produk, elemen proses (FBD), dan hubungan antara keduanya. Kebijakan perawatan dengan konsep TQMain antara lain berdasarkan kualitas produk didapatkan control chart dan prediksi kualitas produk (ARL) sekitar empat hari, berdasarkan FBD, FMEA, RCA didapatkan empat komponen yaitu NC CPU Card, mata pahat, angle plate, dan peralatan sensor yang mempunyai pengaruh terhadap defect. Kemudian dengan interval optimal dari biaya minimum dan keandalan adalah sembilan hari. Kebijakan perawatan dilakukan terhadap komponen yang mempengaruhi defect produk, faktor yang mempengaruhi kerusakan mesin & defect dan juga interval perawatan menurut tiga kondisi. Kata kunci: Total Quality Maintenance, Kontrol Kualitas Produk, Elemen Proses, Kebijakan Perawatan
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Nani Kurniati, ST.,MT
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous