Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Permodelan Sistem Transportasi Angkutan Kota Berdasarkan Konsep Manajemen Kebutuhan Akan Transportasi dengan Pendekatan Sistem Dinamik (Studi Kasus : Lyn P, Trayek Joyoboyo-Gebang-Kenjeran)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Permodelan Sistem Transportasi Angkutan Kota Berdasarkan Konsep Manajemen Kebutuhan Akan Transportasi dengan Pendekatan Sistem Dinamik (Studi Kasus : Lyn P, Trayek Joyoboyo-Gebang-Kenjeran)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Aprilia Ekawati Utami
Subject(s) Transportation System Modeling
Classification 658.406
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2007
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Angkutan kota lyn P, sebagai salah satu jenis angkutan kota dengan jumlah armada paling banyak untuk kawasan kota Surabaya memiliki beberapa masalah. Permasalahan utama yang dihadapi adalah lamanya waktu perjalanan, serta pendistribusian angkutan kota lyn P yang dirasakan kurang merata. Penelitian ini menggunakan pendekatan sistem dinamik untuk membuat suatu pemodelan sistem transportasi angkutan kota lyn P yang efektif dan efisien berdasarkan konsep manajemen kebutuhan akan transportasi. Sebelumnya, penelitian ini akan mengidentifikasi variabel-variabel yang berpengaruh terhadap sistem transportasi angkutan kota lyn P dan menggambarkan hubungan antar variabel tersebut melalui causal loop diagram. Berdasarkan hasil peneltian, variabel-variabel utama yang berpengaruh terhadap sistem transportasi angkutan kota lyn P ini adalah variabel bangkitan pergerakan, pemilihan moda angkutan kota lyn P, jumlah penumpang maksimum per jam, jumlah penumpang per hari, kapasitas operasional, frekuensi layanan armada per jam, headway operasional, jumlah armada optimal per jam, jumlah armada optimal, biaya operasi kendaraan (BOK), pendapatan operasional, pengeluaran operasional, dan profit margin operasional. Model sistem transportasi yang paling efektif dan efisien didapatkan dengan menggunakan rute alternatif, peningkatan load factor, dan pembatasan jumlah kendaraan pribadi yang meningkatkan profit margin operasional per hari sekitar 46.19 % untuk tahun 2006. Kata Kunci : Pemodelan sistem transportasi, manajemen kebutuhan akan transportasi, causal loop diagram, sistem dinamik.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Ir. Suparno, MSIE.,PhD
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous