Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Evaluasi Kebijakan Persediaan Bahan Baku untuk Meningkatkan Kinerja Persediaan di PT. Trisulapack Indah (Maspion Unit III)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Evaluasi Kebijakan Persediaan Bahan Baku untuk Meningkatkan Kinerja Persediaan di PT. Trisulapack Indah (Maspion Unit III)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Elan Tangguh Mandiri
Subject(s) Inventory Turnover Rate
SCM
Classification 658.7
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2007
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Persediaan bisa diartikan sebagai material yang dimiliki oleh suatu organisasi dalam waktu tertentu. PT. Trisulapack Indah merupakan perusahaan sistem make to order (MTO) yang memproduksi kotak karton dengan bahan baku utama berupa kertas. Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya indikasi bahwa terjadi penumpukan bahan baku untuk periode yang lama yang mengakibatkan ketidakefisienan perusahaan. Dalam penelitian ini akan dilakukan perhitungan mengenai inventory turnover rate dan inventory days of supply dari bahan baku. Dari perhitungan inventory turnover rate dan inventory days of supply akan klasifikasi ABC dan analisa serta evaluasi untuk memilih bahan baku yang akan diteliti. Tujuan akhir penelitian ini adalah merancang suatu kebijakan inventory yang lebih efisien yang bisa diukur dari penurunan inventory days of supply atau peningkatan inventory turnover rate dari bahan baku kertas sehingga dapat meningkatkan efisiensi perusahaan. Dari hasil penelitian, didapatkan nilai inventory turnover rate dan inventory days of supply dari masing-masing bahan baku. Kemudian dari hasil simulasi Monte Carlo yang dilakukan didapatkan kebijakan order jika order dilakukan saat stock kurang dari ROP dan order quantity untuk memenuhi demand selama 2 periode dengan asumsi lead time adalah 1 minggu merupakan kebijakan terbaik yang dimana mampu meningkatkan inventory turnover rate dan menurunkan inventory days of supply secara signifikan. Kata kunci: inventory turnover rate, inventory days of supply, simulasi Monte Carlo
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. I. Nyoman Pujawan, M.Eng.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous