Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Prototipe Knowledge Management System untuk Pengelolaan Pengetahuan di Rumah Sakit (Studi Kasus : Bagian Intensive Care Unit (ICU), PT. RSPS)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Prototipe Knowledge Management System untuk Pengelolaan Pengetahuan di Rumah Sakit (Studi Kasus : Bagian Intensive Care Unit (ICU), PT. RSPS)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Andika Kusuma Aji
Subject(s) KNOWLEDGE MANAGEMENT
Classification 658.403 8
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2007
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Pengetahuan (knowledge) merupakan suatu aset yang berharga yang dapat mempengaruhi kemajuan serta daya saing dari perusahaan dalam menjalankan proses bisnisnya. Di Bagian ICU PT.Rumah Sakit PHC Surabaya (RSPS), sebagian besar knowledge berbentuk tacit karena disiplin kerja yang berkaitan langsung dengan praktik. Untuk itu diperlukan media yang dapat mendistribusikan knowledge tersebut untuk mengurangi ketergantungan antar petugas. Dalam penelitian ini dilakukan perancangan Knowledge Management System sebagai salah satu cara pendistribusian knowledge dari masing-masing petugas di ICU. Semua knowledge yang terdapat pada bagian ICU dicatat dan diinputkan ke dalam knowledge-base (repository). Knowledge-knowledge yang diinputkan pada database, yaitu laporan keperawatan, prosedur tetap (protap) dan knowledge source. Knowledge tersebut disimpan dan ditampilkan kembali dalam bentuk report melalui rancangan website Knowledge Management System (KMS) yang diintegrasikan dengan database (repository). Dengan menggunakan rancangan model KMS ini semua knowledge diatas diinputkan ke dalam form-form yang tersedia untuk kemudian disimpan dalam satu database dan dapat ditampilkan kembali melalui interface rancangan model KMS. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan rancangan KMS ini proses pembuatan laporan keperawatan dan pendistribusian knowledge menjadi lebih fleksibel, cepat dan akurat. Kata Kunci : Knowledge management, repository, ICU, Laporan keperawatan
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Eng. Ir. Ahmad Rusdiansyah, M.Eng.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous