Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Evaluasi dan Peningkatan Kualitas Sistem Pelayanan Gangguan pada Unit Corporate Customer dengan Pendekatan Lean Six Sigma (Studi Kasus : PT. Telkom Divre V Jawa Timur)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Evaluasi dan Peningkatan Kualitas Sistem Pelayanan Gangguan pada Unit Corporate Customer dengan Pendekatan Lean Six Sigma (Studi Kasus : PT. Telkom Divre V Jawa Timur)
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Reni Wulansari
Subject(s) LEAN SIX SIGMA
Service Quality
Classification 658.562
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2007
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Unit Corporate Customer merupakan delivery channel produk layanan PT.TELKOM. Berdasarkan visi dan misinya, UCC V PT.TELKOM akan selalu memberikan kualitas pelayanan terbaik kepada corporate customer. Namun pada kenyataannya masih terdapat klaim gangguan yang belum mendapatkan reaksi yang cepat. Hal ini terbukti dari rendahnya Performansi Bulanan Call Center UCC V dan lamanya penyelesaian gangguan produk layanan. Hal ini menimbulkan konsekuensi ketidakpuasan corporate customer dan penurunan Revenue UCC V akibat terjadinya SLG Violation. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan Lean Six Sigma yang diawali dengan identifikasi waste yang terjadi pada proses pelayanan gangguan produk layanan pada UCC V PT.TELKOM untuk produk layanan Astinet karena memiliki nilai E-Quality tertinggi. Berdasarkan identifikasi tersebut, diperoleh bahwa waste yang sering terjadi pada proses pelayanan gangguan produk layanan adalah waiting dengan bobot 5.86 dan defect dengan bobot 5.43. Improvement yang dilakukan untuk mereduksi waste adalah dengan membuat Model Antrian dan Simulasi Proses Pelayanan Gangguan pada UCC V PT.TELKOM. Berdasarkan usulan perbaikan tersebut diperoleh penurunan Mean Time to Response menjadi4.464 menit, Mean Time to Repair menjadi 8,488 jam, Mean Time to Recovery menjadi 9,481 jam, dan peningkatan revenue UCC V untuk produk layanan Astinet sebesar Rp 30.000.000. Sedangkan improvement untuk mereduksi waste defect adalah dengan pemasangan firewall dan ACL pada router Hub customer serta melakukan aktivitas maintenance, cek kualitas trunk dengan MML (Man Machine Languange), dan omzetting. Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Klaim, Waste, Lean Six Sigma
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Hari Supriyanto, MSIE
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous